UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Efektivitas Pengunaan Dana Bantuan  Operasional Sekolah (BOS)

Analisis Efektivitas Pengunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Pengarang : Perani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    TESIS

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas, akuntabilitas, dan transparansi pengelolaan dana bantuan operasional sekolah (bos) di sekolah dasar negeri kecamatan malinau kota. menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. informan dipilih secara purposive sampling terdiri dari 12 orang yang mencakup kepala sekolah, bendahara, komite sekolah, dan perwakilan guru dari tiga sekolah. data dianalisis dengan teknik triangulasi sumber dan peneliti. hasil penelitian menunjukkan pengelolaan dana bos telah efektif, namun terdapat kendala dalam pelaporan yang menyebabkan keterlambatan pencairan dana. akuntabilitas dan transparansi telah diterapkan dengan baik, meskipun masih ada aspek yang perlu diperbaiki. penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang faktor yang mempengaruhi pengelolaan dana bos dan menawarkan rekomendasi untuk peningkatan pengelolaan dana di sekolah-sekolah. kebaruan penelitian ini terletak pada penggunaan pendekatan triangulasi untuk validasi data dan analisis mendalam terhadap implementasi akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan dana bos, yang belum banyak dibahas sebelumnya. kata kunci : efektivitas, dana bos, metode kualitatif, triangulasi sumber, triangulasi peneliti

Abstrak Indonesia

This research aims to determine the effectiveness of the implementation process, accountability and transparency in the management of school operational assistance funds (bos) in the schools studied. this research uses a qualitative approach with descriptive methods, taking informants with purposive sampling. the informants. used were 12 informants consisting of the principal, treasurer, school committee, and teacher representatives from the 3 selected schools who were then tested using the source triangulation and researcher triangulation methods. the research results show that the implementation, accountability and transparency processes in each school have been executed effectively, but there are still several obstacles that cause delays in reporting the realization of the use of bos funds and have an impact on delays in disbursement of bos funds. keywords: effectiveness, bos funds, qualitative methods, source triangulation, researcher triangulation