UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Beras Lokal Sepatung Terhadap Minat Beli Konsumen Di Desa Panca Agung

Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Beras Lokal Sepatung Terhadap Minat Beli Konsumen Di Desa Panca Agung

Pengarang : Siti Julaeha

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kualitas produk dan harga menjadi peran penting agar beras sepatung dapat menjadi produk yang diunggulkan oleh bumdes panca agung, jika kualitas produk yang diproduksi baik, harga akan mengikuti sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen saat membuat pilihan pembelian. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen beras lokal sepatung (2) untuk mengetahui variabel yang lebih dominan antara kualitas produk dan harga terhadap minat beli konsumen beras lokal sepatung. penelitian dilaksanakan di desa panca agung kecamatan tanjung palas utara kabupaten bulungan sejak januari sampai februari 2024 teknik penentuan jumlah sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling melalui pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi ke daerah penelitian dengan jumlah 65 responden dan metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. hasil analisis data menunjukkan persamaan regresi linier berganda y= 4,634 +0,040x1 + 0,440x2. nilai r² dalam variabel kualitas produk, dan harga terhadap minat beli konsumen adalah sebesar 40,2%, sedangkan sisanya adalah 59,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. uji f menunjukkan minat beli konsumen beras sepatung 0,000 < 0,05, maka ho ditolak dan ha diterima. uji t hasil analisis pada penelitian ini menghasilkan hanya ada satu variabel yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen, yaitu variabel harga (x2) dengan sig 0,000. kata kunci: kualitas produk, harga, minat beli konsumen

Abstrak Indonesia

Product quality and price are crucial factors in determining the success of sepatung rice. if the quality of the product is high, the price will naturally be competitive, making it an attractive option for consumers. this study aims to (1) determine the effect of product quality and price on consumer buying interest in sepatung local rice (2) identify the more dominant variable between product quality and price on consumer buying interest in sepatung local rice the research was conducted in panca agung village, tanjung palas utara district, bulungan regency, from january to february 2024. the study employed a non-probability sampling method to determine the number of samples. the data was collected through questionnaires and observations of the research area, with a total of 65 respondents. the data was then analyzed using multiple linear regression analysis. the data analysis provided the following multiple linear regression equation. y 4634+0040x1+0 440x2 the variable product quality and price has an r2 value of 40.2% in terms of consumer buying interest. the remaining 59 8% is influenced by factors not addressed in this study. the f test indicates that the purchasing interest of sepatung rice customers is statistically significant at the 0.05 level. as a result, the alternative hypothesis (ha) is accepted, while the null hypothesis (ho) is rejected. the t-test of the analysis results in this study indicates that only one variable, namely the price variable (x2), affects consumer buying interest. this variable has a significance level of 0.000. keywords: product quality, price, consumer purchase interest