
Niat Beli Produk Fashion Secara Online Dengan Pendekatan Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT)
Pengarang : Novita Suci Ramadan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh niat beli produk fashion secara online dengan pendekatan utaut pada mahasiswa universitas borneo tarakan. penelitian ini menggunakan metode survei dengan instrument berupa kuesioner dan metode pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling. jumlah responden sebanyak 350. teknik analisis data yang digunakan penelitian ini yaitu sem (structural equation modeling) yang dioperasionalkan menggunakan software s-pls. hasil penelitian menunjukkan ekspetasi kinerja berpengaruh positif terhadap niat menggunakan, ekspetasi usaha berpengaruh positif terhadap niat menggunakan, faktor sosial berpengaruh positif terhadap niat menggunakan, kondisi fasilitas berpengaruh positif terhadap perilaku penggunaan dan niat menggunakan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap perilaku penggunaan. hal ini menunjukkan ekspetasi kinerja,ekspetasi usaha, faktor sosial maupun kondisi fasilitas mampu mendorong niat menggunakan seorang mahasiswa dalam memakai website pada platform berbelanja online. kata kunci: unified theory of acceptance and use of technology, niat beli produk fashion secara online.
Abstrak Indonesia
This research aims to examine the influence of the intention to buy fashion products online using the utaut approach at borneo tarakan university students. this research uses a survey method with questionnaires as instruments and the sampling method is the purposive sampling method. the number of respondents was 350. the data analysis technique used in this research was sem (structural equation modeling) which was operationalized using s-pls software. the research results show that performance expectations, business expectations, and social factors have a positive influence on intention to use, facility conditions have a positive influence on usage behavior and intention to use has a positive but not significant influence on usage behavior. this shows that performance expectations, business expectations, social factors, and facility conditions can encourage a student's intention to use a website on an online shopping platform. keywords: unified theory of acceptance and use of technology, intention to buy fashion products online