
Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Melalui Metode Literasi Terbimbing Kelas III-B SDN 005 Tarakan
Pengarang : Annisa Fadilah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Kemampuan membaca menjadi kunci utama keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran. ketidakmampuan dalam membaca dapat memberikan implikasi serius pada siswa dalam kemampuan membaca pemahaman. penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (ptk) khususnya mengenai kemampuan membaca pemahaman siswa dalam membaca teks bacaan informatif dan teks bacaan fiksi. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia pada bab ii kawan seiring. penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi/evaluasi, dan tahap refleksi. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas iii-b sdn 005 tarakan dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode literasi terbimbing dalam mata pelajaran bahasa indonesia dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, dari hasil belajar siswa secara klasikal diketahui rata-rata nilai dasar yang hanya mencapai 25,9%, meningkat dalam siklus i menjadi 68,15%, dan pada siklus ii meningkat menjadi 95,35%. dari hasil belajar yang dicapai siswa pada siklus ii penilaian secara individu telah mencapai ketuntasan terhadap penguasaan yang didapatkan. kata kunci: kemampuan membaca, membaca pemahaman, hasil belajar siswa
Abstrak Indonesia
The ability to read is the primary key to students’ succes in the learning process. inadequate reading skills can have serious implications for students’ reading comprehension abilities. this study was a classroom action research (car) focusing specifically on students’ reading comprehension skills in both informative and fictional texts. the objective of this reserch was to enchance students’ reading comprehension skills the indonesian language subject, particularly in chapter ii, “kawan seiring”. the study was conducted in two cycles, with each cycle comprising four stages: action planning, action implementation, observation/evaluation, and reflection. the subjects of this study were 27 students from class iii-b at sdn 005 tarakan. data collection techniques included observation, tests, and documentation. the results of this study indicated that the use of guided literacy, methods in indonesian language lessons could significantly improve students reading comprehension skills. the average baseline score of 25,9% iincreased to 68.15% in the first cycle and further 95.35% in the second cycle. the results achieved by students in the second cycle indicated that individual assessments had reached the level of mastery. keywords: reading, abiliti, reading comprehension, student learning outcomes