UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Dengan Anemia Di Puskesmas Karang Rejo

Pengaruh Penggunaan Media Video Pada Kelas Ibu Hamil Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Dengan Anemia Di Puskesmas Karang Rejo

Pengarang : Sumariana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Anemia pada ibu hamil merupakan masalah kesehatan terkait dengan insiden perdarahan yang tinggi serta komplikasi dapat timbul baik pada ibu maupun pada janin. program kelas ibu hamil menjadi salah satu strategi untuk mengurangi kasus komplikasi selama kehamilan. penggunaan media video dalam kelas ibu hamil mampu menangkap 94% informasi melalui mata dan telinga, biasanya mengingatkan 50% dari apa yang mereka lihat dan dengarkan. pesan yang disampaikan melalui media video dapat membangkitkan emosi yang kuat dan mencapai hasil yang cepatsehingga meningkatkan pengetahuan. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pada kelas ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil trimester iii dengan anemia di puskesmas karang rejo. metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan quasy esperimental model pre-test and post-test control group. pada penelitian ini terdapat 2 kelompok yaitu kelompok kontrol yang diberikan kelas ibu hamil dengan metode ceramah dengan media lembar balik kelas ibu hamil dan kelompok intervensi yang diberikan kelas ibu hamil dengan metode ceramah dan media video. penelitian ini dilakukan pada bulan mei 2024 di puskesmas karang rejo. populasi pada penelitian ini merupakan ibu hamil trimester iii dengan anemia yang diambil dengan teknik simple random sampling sebanyak 36 responden yaitu 18 orang kelompok kontrol dan 18 orang kelompok intervesi. analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah independent t-test. hasil penelitian didapatkan hasil signifikasi p-value sebesar 0,020 (p < 0,05) terdapat peningkatan pengetahuan ibu hamil anemia sehingga ada pengaruh penggunaan media video pada kelas ibu hamil terhadap peningkatan pengetahuan ibu hamil trimester iii dengan anemia di puskesmas karang rejo. penggunaan media video pada kelas ibu hamil dapat direkomentasi untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang anemia. kata kunci: media video, pengetahuan, ibu hamil anemia

Abstrak Indonesia

Anemia in pregnant women is a significant health concern associated with a high incidence of bleeding and complications that can affect both the mother and the fetus. the pregnant women's class program is a crucial strategy to reduce the incidence of complications during pregnancy. video media in these classes can capture 94% of information through the eyes and ears, typically reminding 50% of what participants see and hear. video messages have the ability to elicit powerful emotions and provide quicker outcomes, therefore improving the process of acquiring knowledge. this study aimed to determine the effect of video media in pregnant women's classes on increasing the knowledge of third-trimester pregnant women with anemia at the karang rejo community health center. the study method employed a quantitative approach with a quasi-experimental design, utilizing a pre-test and post-test control group model. the study involved two groups: a control group receiving a pregnant women's class with a lecture method and flip chart media and an intervention group receiving a pregnant women's class with a lecture method and video media. the study was conducted in may 2024 at the karang rejo community health center. the population comprised third- trimester pregnant women with anemia, selected through a simple random sampling technique, totaling 36 respondents (18 in the control group and 18 in the intervention group). the data analysis utilized the independent t-test. the study revealed a significance p-value of 0.020 ( p < 0.05), indicating a statistically significant increase in the knowledge of pregnant women with anemia. these findings suggest that the use of video media in pregnant women's classes had a positive influence on increasing the understanding of third-trimester pregnant women with anemia at the karang rejo community health center incorporating video media in pregnant women's classes can be recommended as a practical. approach to enhance the knowledge of pregnant women about anemia. keywords: video media, knowledge, pregnant women with anemia