
The Problems Faced By Second Semester Students Of English Department In Speaking For Informal Interaction Course
Pengarang : Megawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi masalah yang dihadapi oleh mahasiswa semester dua program studi bahasa inggris dalam pembelajaran keterampilan berbicara. keterampilan berbicara adalah kemampuan untuk mengucapkam verbalisasi, atau kata-kata sebagai makna, pemikiran, dan informasi. ini bisa menjadi kemampuan yang bermanfaat dalam mode verbal dan lebih rumit dalam mengartikulasikan kata-kata. tujuan penelitian ini diharapkan memberikan solusi dan rekomendasi untuk membantu mengatasi permasalahan kemampuan dalam berbicara dan meningkatkan kompetensi bahasa inggris secara keseluruhan. penelitian ini menggunakan diskriptif kualitatif dan penelitian dilaksanakan disemester dua angkatan 2023, pada bulan maret 2024 dengan menggunakan purposive sampling. instrumen penelitian berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. peneliti menemukan bahwa ada beberapa masalah utama yang dihadapi oleh mahasiswa dalam pembelajaran berbicara di semester kedua, yaitu kosakata, pelafalan dan kecemasan. untuk mengatasi permasalahan tersebut ada 3 solusi yang ditawarkan yaitu memberikan alat bantu atau media yang menunjang kemampuan berbicara, latihan yang ditargetkan dan beragam aktivitas praktik kehidupan nyata, dan umpan balik yang dipersonalisasi dan kelas yang lebih kecil dapat membantu mahasiswa secara efektif. untuk meningkatkan keterampilan berbicara, peneliti menyarankan penggunaan topik pembahasan yang lebih jelas, menggabungkan aktivitas praktik dengan kehidupan nyata, dan memberikan dukungan pengembangan kosakata yang ditargetkan. kata kunci: masalah, keterampilan berbicara, berbicara untuk interaksi informal
Abstrak Indonesia
This study aims to examine the challenges encountered by second-semester students enrolled in the english department in developing their speaking skills. the ability to speak, verbalize, or utter words meaningfully and coherently is a fundamental aspect of communication. while it can be a valuable skill in a verbal context, articulating words clearly and concisely can be more challenging. the primary aim of this study is to identify potential solutions and recommendations to assist students in overcoming their speaking skill deficiencies and enhancing their overall english proficiency. this study employed a qualitative descriptive design and was conducted in the second semester of class 2023, in march 2024, using purposive sampling. the research instruments were an interview, observation, and documentation. the researcher identified several main problems students face in learning to speak in the second semester, which are vocabulary, pronunciation, and anxiety. to overcome these problems, three solutions are proposed. these include the provision of tools or media that support speaking skills, targeted practice, and a variety of daily life practice activities. additionally, personalized feedback and smaller classes can help students effectively. to enhance speaking skills, the researcher suggests using clearer topics, combining practical activities with real life, and providing targeted vocabulary development support. keywords: problems, speaking skills, speaking for informal interaction