UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of An Analysis Of English Teacher Strategies To Overcome Students’ Difficulties In Speaking Ability

An Analysis Of English Teacher Strategies To Overcome Students’ Difficulties In Speaking Ability

Pengarang : Iin Veronika A.

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kesulitan berbicara dalam bahasa inggris kerap dialami oleh efl (english as a foreign language). berangkat dari fenomena tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru bahasa inggris dalam menghadapi tantangan tersebut. pasalnya, guru memiliki peranan besar dalam mengatasi kesulitan speaking ability yang dialami oleh para peserta didik. adapun metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. data penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. adapun data penelitian tersebut merupakan data primer. narasumber wawancara di dalam penelitian ini adalah guru dan peserta didik yang berkaitan. hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan utama yang menghambat kemampuan berbicara siswa di smp n tarakan adalah kurangnya rasa percaya diri, lingkungan yang tidak mendukung, dan keterbatasan kosa kata. strategi yang diterapkan oleh guru bahasa inggris di smpn 3 tarakan menunjukkan berbagai pendekatan yang efektif dalam membantu siswa mengatasi kesulitan berbicara bahasa inggris. metode alm, penyajian teks deskriptif, dan latihan dialog teratur menjadi andalan guru bahasa inggris di smpn 3 tarakan. kata kunci: kesulitan bicara, bahasa inggris, strategi pembelajaran

Abstrak Indonesia

English speaking difficulties are often experienced by efl (english as a foreign language) students. departing from this phenomenon, this study aims to analyze english teachers' strategies in facing these challenges. the reason is that teachers have a big role in overcoming the difficulties of speaking ability experienced by learners. the method used in this research is qualitative method. the data were collected using documentation, observation, and interview techniques. the research data is primary data. the interviewees in this research are teachers and related learners. the results show that the main problems that hinder students' speaking ability at smp n tarakan are lack of confidence, unsupportive environment, and limited vocabulary. the strategies implemented by english teachers at smpn 3 tarakan show a variety of approaches that are effective in helping students. overcome english speaking difficulties. the alm method, descriptive text presentation, and regular dialog exercises are the mainstays of english teachers at smpn 3 tarakan. keywords: speaking difficulties, english, learning strategies