
The Analysis Students’ Difficulties In Paragraph Writing Of The Second Semester Students Of English Department At Borneo University Of Tarakan
Pengarang : Rio Al Munawarah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini membahas tentang kesulitan mahasiswa dalam menulis paragraf di semester dua pendidikan bahasa inggris di universitas borneo tarakan. masalah dalam penelitian ini adalah kesulitan mahasiswa dalam menulis paragraf dan faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam menulis paragraf. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam menulis paragraf dan mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam menulis paragraf. penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. sumber data penelitian ini adalah mahasiswa semester dua pendidikan bahasa inggris di universitas borneo tarakan. jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah 40 mahasiswa. peneliti menggunakan tes dan memberikan wawancara sebagai instrumen penelitian. peneliti menganalisis data dengan cara mereduksi data, menampilkan data dan yang terakhir mengambil kesimpulan. peneliti menemukan beberapa fakta di lapangan. pertama, ditemukan jawaban bahwa mayoritas mahasiswa telah mampu membuat paragraf dengan baik dan minoritas di antaranya adalah cukup kesulitan dalam menulis paragraf terhadap lima aspek yaitu isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, dan mekanik. peneliti menggunakan pedoman penilaian klasifikasi interval di antaranya adalah sangat baik, baik, cukup, kurang dan buruk. dengan total 40 subjek penelitian, dalam aspek isi ditemukan hanya 5% cukup, 17 % cukup pada organisasi, 7.5% cukup pada kosakata, 22.5% cukup pada penggunaan bahasa dan 22.5% cukup serta 2.5% kurang pada mekanik. aspek yang menjadi dominan adalah rendahnya penggunaan bahasa dan mekanik dengan persentase 22.5% dan 22.5% pada kategori cukup dan 2.5% kategori buruk pada mekanik. data tersebut diperoleh dari hasil tes mahasiswa yang telah dianalisis. kedua, dalam hasil interview ditemukan bahwa penyebab kesulitan mahasiswa dalam menulis paragraf adalah adanya faktor internal dan eksternal yang menghambat proses belajar mahasiswa seperti lingkungan, tingkat stress, motivasi dan kurangnya latihan. kata kunci: menulis, kesulitan menulis, paragraf
Abstrak Indonesia
This research discusses the difficulties of students in writing paragraphs of the second semester students of english education at the university of borneo tarakan. the problem in this research was the difficulty of students in writing paragraphs and the factors that cause students to have difficulty in writing paragraphs. the purpose of the research was to find out the difficulties of the students in writing paragraphs and describe the factors that cause students to have difficulty in writing paragraphs. this research was descriptive qualitative. the data source of this research was the second semester students of english education at borneo university tarakan. the number of students involved in this research was 40 students. the researcher used tests and interviews as research instruments. the researcher analyzed the data by reducing the data, displaying the data and finally drawing conclusions. the researcher used miles and huberman’s stages in analyzing the data, namely data collection, data reduction, data display and conclusion. the results of the research showed that first, the answers found that the majority of students have been able to make paragraphs well and the minority of them are quite difficult in writing paragraphs on five aspects namely content, organization, vocabulary, language use, and mechanics. the researcher used interval classification scoring guidelines including excellent, good, fair, less and poor. with a total of 40 research subjects, in the content aspect it was that only 5% were sufficient, 17% were sufficient on organization, 7.5% were sufficient on vocabulary, 22.5% were sufficient on language use, and 22.5% were sufficient and 2.5% were poor on mechanics. the dominant aspect is the low of language use and mechanics with a percentage of 22.5% and 22.5% in the fair category and 2.5% in the poor category on mechanics. second, the causes of students' difficulties in writing paragraphs are internal and external factors that hinder the learning process of students such as the environment, stress level, motivation and lack of practice. keywords: writing, writing difficulties, paragraphs