
Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas 5B SDN 043 Tarakan
Pengarang : Yehezkiel Lukas
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuikemampuan membaca pemahaman yang ada pada siswa kelas 5b sdn 043 tarakan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis hasil tes. subjek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas 5b sdn 043 tarakan yang memiliki tingkat kesulitan membaca pemahaman yang bervariasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa-siswa memiliki kesulitan yang berbeda dalam memahami teks yang mereka baca, seperti kesulitan dalam memahami kosakata, menarik. implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang beragam dan disesuaikan dengan kebutuhan serta tingkat kesulitan membaca pemahaman masing-masing siswa. kata kunci: kemampuan membaca, pemahaman, kesulitan membaca, siswa kelas 5b, sdn 043 tarakan, metodologi kualitatif
Abstrak Indonesia
This research aimed to determine the student reading comprehension abilities of class 5b at sdn 043 tarakan using a qualitative approach, with data collection techniques through observation, interviews and analysis of test results. the subjects of this research were class 5b students at sdn 043 tarakan who had varying levels of reading comprehension ability. the research results showed that students have different difficulties in understanding the texts they read, such as difficulties in understanding vocabulary, and interesting. the implication of this research was the need for a diverse learning approach that was tailored to the needs and level of difficulty in reading comprehension of each student. keywords: reading abiliy, comprehension, reading difficulties, students of class 5b, sdn 043 tarakan, qualitative method