
A Content Analysis Of English Textbook “Bahasa Inggris” Published By Kemendikbudristek For The First Grader Of Senior High School
Pengarang : Lailatul Komariah
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Buku teks memainkan peran penting dalam proses belajar dan mengajar bahasa inggris. karena hal itu, buku teks memiliki peran yang sangat penting untuk pembelajaran yang selaras dengan kurikulum saat ini untuk bisa mencapai tujuan dari proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dan menganalisis konten isi dalam buku teks berjudul "bahasa inggris" untuk kelas sepuluh sekolah menengah atas. pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis isi. unit analysis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mencari tau tingkat kemampuan kognitif menurut taksonomi bloom revisi (brt). data penelitian dikumpulkan dari buku pelajaran bahasa inggris yang diterbitkan oleh kemendikbudristek. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 15 bab yang ada di buku teks, terdapat total 211 soal yang terdiri dari 67 total soal pada level kognitif c1, 52 total soal pada level kognitif c2, 22 total soal pada level c3, 16 soal pada level kognitif c4, 9 total soal pada level kognitig c5, dan 45 total soal pada level kognitif c6. dalam hal ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat distribusi yang tidak merata dan seimbang dari soal yang ada di buku teks berdasarkan level kognitif dalam buku teks ini. temuan ini mengindikasikan perlunya peningkatan variasi kegiatan, tugas dan soal yang terdapat pada setiap bab untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal bagi siswa pada akhir pembelajaran. kata kunci: analisis isi, buku teks bahasa inggris, level kognitif
Abstrak Indonesia
Textbooks play an crucial role in the learning and teaching process of english. therefore, it is essential for textbooks to align with the current curriculum and effectively achieve the learning objectives. this research aimed to investigate and analyze the content of the “bahasa inggris” textbook for tenth grade of senior high school. a qualitative approach using the content analysis method was employed. the unit of analysis was the level of cognitive ability according to bloom's revised taxonomy (brt). data were collected from an english textbook published by kemendikbudristek. the study result indicated that the textbook contained a total of 211 activities from all chapters distributed across various of cognitive levels: 67 activities at level c1, 52 activities at level c2, 22 activities at level c3, 16 activities at level c4, 9 activities at level c5 and 45 activities at level c6. this distribution revealed an imbalance in the cognitive level activities within the textbook. consequently, this study highlighted the need to diversify the activities and tasks in each chapter to better achieve the maximum learning objectives for students. keywords: content analysis, english textbook, cognitive level