UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Implementation Of Brainstorming Technique In Teaching Speaking Skill At Ma Hurrasul Aqidah Tarakan

The Implementation Of Brainstorming Technique In Teaching Speaking Skill At Ma Hurrasul Aqidah Tarakan

Pengarang : Nurjannah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Brainstorming merupakan salah satu alat edukasi yang digunakan untuk meningkatkan kreatifitas, motivasi dan kemampuan belajar siswa dalam kegiatan belajar mengajar. penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) bagaimana implementasi brainstorming untuk meningkatkan kemampuan bicara dan (2) pandangan guru dan siswa terhadap implementasi tersebut pada siswa kelas sepuluh di ma hurrasul aqidah tarakan. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris kelas sepuluh dan siswa kelas x-putri. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen telaah dokumen, observasi dan wawancara serta dianalisis secara kualitatif dan dideskripsikan secara naratif. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik brainstorming dapat meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran serta dapat mendorong siswa untuk menciptakan dan menyampaikan ide atau pendapat pada kemampuan speaking di dalam kelas. bagi guru dan siswa, teknik brainstorming sangat bagus dan penting sebagai alat edukasi dalam meningkatkan kreatvitas dan antusias belajar siswa. hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada penerapan teknik brainstorming terhadap kemampuan speaking siswa. kata kunci: brainstorming, kemampuan bicara siswa, motivasi belajar

Abstrak Indonesia

Brainstorming is one of the teaching techniques used to increase students’ creativity, motivation and learning ability in teaching and learning activities. this study aims to describe (1) how the implementation of the brainstorming technique improves speech and (2) the response of teachers and students to the implementation in tenth-grade students at ma hurrasul aqidah tarakan. this research used qualitative design with descriptive method. the subjects in this study were tenth-grade english teachers and students of class x-putri. data collection in this study used document analysis, observation and interview instruments. this study showed that the brainstorming technique can increase students’ motivation to learn and encourage students to create and convey ideas or opinions on speaking skills in the classroom. for teachers and students, the brainstorming technique is excellent and essential as an educational tool in increasing creativity and enthusiasm for student learning. keywords: brainstorming, student speaking ability, learning motivation