UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Komunikasi Interpersonal Antara Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Akademik Di FKIP Universitas Borneo Tarakan

Komunikasi Interpersonal Antara Mahasiswa Dan Dosen Pembimbing Akademik Di FKIP Universitas Borneo Tarakan

Pengarang : Rafli Mustamin

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Komunikasi interpersonal merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan oleh kedua belah pihak agar mencapai tujuan yang diinginkan, komunikasi antara dosen dan mahasiswa tidak hanya harus intens tapi juga harus berjalan dengan baik maka perlu adanya komunikasi interpersonal agar komunikasi antara dosen pembimbing akademik dan mahasiswa yang diasuh tidak mengalami hambatan, kendala atau bisa juga untuk membantu mahasiswa dalam hal seperti perjadwalan mata kuliah, bimbingan memperbaiki nilai akademik serta tujuan lainya. tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal antara dosen pembimbing akademik dan mahasiswa di bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas borneo tarakan. jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei deskriptif. penelitian ini menggunakan subjek sebanyak 146 mahasiswa bimbingan dan konseling disemua kelas angkatan 2022. sampel penelitian menggunakan jenis non probability sampling dengan teknik sample jenuh. insturmen penelitian menggunakan skala komunkasi interpersonal yang diadaptasi dari siti rahmi, s.sos.i., m.pi yang menggunkan teori devito (2015), analisis data menggunakan teori sugino (2015) dan hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi interpersonal anatara mahasiswa dan dosen pembimbing akademik di jurusan bimbingan dan konseling secara keseluruhan tergolong baik. hal ini terlihat dari hasil presentasi terdapat 73,8 dari 146 subyek, dan 4 dari 5 indikator komunikasi interpersonal tergolong baik termasuk indikator keterbukaan, empati, sikap positif dan kesetaraan, sisanya hanya terdapat 1 indikator yang cukup baik yaitu indikator dukungan. kata kunci: komunikasi interpersonal, dosen, mahasiswa, komunikasi

Abstrak Indonesia

Interpersonal communication is a form of communication carried out by both parties with the intention of achieving a specific goal. it is essential that communication between lecturers and students be both intense and effective. this can be achieved through the use of interpersonal communication, which facilitates the smooth transfer of information between the academic supervisor and the students under their care. this communication can assist students in matters such as scheduling courses, guidance in improving academic grades, and other academic and personal goals. the objective of the research was to determine how communication between academic supervisor and students at the guidance and counseling department of the faculty of teacher training and education at the borneo university of tarakan. the type of research used was descriptive-quantitative, employing survey research methods. the research used 146 subjects in the guidance and counseling department in all classes in 2022. the research sample used a type of non-probability sampling with a saturated sample technique. the research instrument used was an interpersonal communication scale adapted from siti rahmi, s.sos.i., m.pi which used devito's theory (2015). the data analysis used was sugino's theory (2015). the research results showed that the interpersonal communication between students and academic supervisors in the guidance and counseling department was classified as good. this can be observed from the presentation results, which indicated that 73.8 out of 146 subjects exhibited good interpersonal communication, with four out of five indicators. these included indicators of openness, empathy, positive attitudes, and equality. the remaining indicator, namely that of support, was rated quite well. keywords: interpersonal communication, lecturer, students, communication