
Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematis Dilihat Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VB Di SD Negeri 005 Tarakan
Pengarang : Febrryani Natashya Christine Monique
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kemampuan komunikasi matematis dilihat dari gaya belajar siswa kelas vb di sdn 005 tarakan dan meningkatkan kemampuan matematis siswa dengan dilihat dari gaya belajar visual, audiotori, kinestetik dengan menggunakan metode peneltian bangun datar pada kelas vb. jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif.. penelitian ini dilaksanakan di sdn 005 tarakan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas vb sdn 005 tarakan, yaitu sebanyak 28 siswa. teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan lembar angket gaya belajar siswa dan tes kemampuan komunikasi matematis. adapun langkah-langkah penggunaan metode yaitu: hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa tinggi dapat menjelaskan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal serta dapat menjelaskan simbol-simbol matematika yang terdapat pada soal. siswa berkemampuan sedang ada yang kurang mampu dalam menuliskan pernyataan matematika dan kesulitan dalam menyatakan ide matematika, tetapi siswa dalam kemampuan sedang dapat menyebutkan simbol-simbol matematika yang ada pada soal. sedangkan siswa dalam kemampuan rendah, siswa belum mampu menuliskan pernyataan matematika dan ide matematika siswa mengalami kesulitan saat mengerjakan soal dan susah dalam mengungkapkan ide atau gagasan matematika pada soal. terdapat beberapa siswa yang lancar dalam berkomunikasi matematis secara tetulis dan lisan. kata kunci: komunikasi matematis, gaya belajar siswa
Abstrak Indonesia
This study purpose was to determine the description of mathematical communication abilities seen from the learning styles of class vb students at sdn 005 tarakan and improve students mathematical abilities seen from visual. auditory, kinaesthetic learning styles using the plane research method in class vb it also aimed to describe the mathematical communication abilities seen from the learning styles of class vb students at sdn 005 tarakan qualitative descriptive research techniques were used in this study this study was conducted at sdn 005 tarakan the 28 students in class vb sdn 005 tarakan served as the research subjects tests of mathematical communication skills and student learning style questionnaires were the methods utilized to gather data for this study the study's findings demonstrated that students with strong mathematical communication abilities were able to describe both the methods involved in solving issues and the mathematical symbols they contained while some students with medium abilities could cite the mathematical symbols in the problem, others with moderate abilities struggled to create mathematical statements and to explain mathematical thoughts conversely, students who struggled to write mathematical concepts and statements were considered low ability students. students found it challenging to solve problems and to articulate mathematical ideas or concepts in questions a number of students were proficient in mathematics communication, both in written and spoken forms. keywords: mathematical communication, student learning styles