
Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Pada Tema 1 Pertumbuhan Dan Perkembangan Makhluk Hidup Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup Di Kelas III SDN 026 Tarakan
Pengarang : Melis Krisnayati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Media pembelajaran merupakan alat bantu pada saat kegiatan belajar mengajar agar tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan bisa tercapai. big book (buku besar) adalah buku cerita yang berkarakteristik khusus yang dibesarkan, baik teks maupun gambarnya, sehingga memungkinkan terjadinya kegiatan membaca bersama antara guru dan siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajran berupa buku besar atau big book yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran khusus yaitu membaca, yang ditinjau dari validasi media dan bahasa. metode penelitian ini menggunakan model pengembangan addie yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), evaluation (evaluasi). instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi awal, wawancara, lembar validasi, angket respon siswa, serta dokumentasi. produk media pembelajaran big book yang dihasilkan memiliki ukuran a3 yang terbuat dari kertas art paper. hasil validasi yang telah dilakukan ahli media memperoleh presentase sebesar 78%, ahli materi 92%, dan ahli bahasa 96%, serta ahli praktisi 94%. hasil penelitian berupa validasi dan angket kemenarikan siswa dengan kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah. hasil uji coba terbatas yang dilakukan pada lima orang siswa kelas iii-a memperoleh presentase sebesar 84% dan pada uji coba lapangan yang dilakukan pada seluruh siswa kelas iii-a memperoleh presentase sebesar 93%. dari kedua uji coba tersebut menunjukan bahwa siswa merasa sangat tertarik terhadap media pembelajaran big book. kata kunci: penelitian dan pengembangan, model addie, big book
Abstrak Indonesia
A useful instrument for teaching and learning activities is learning media, which makes it possible to meet the established learning objectives. a big book is a children’s picture book with unique features that increase the text and illustrations to allow for collaborative reading activities between teachers and students. the purpose of this project was to provide large-format learning materials in the form of books that were appropriate to be used in reading-based special education, both in terms of media and language validation. the five steps of the addie development model; analysis, design, development, implementation, and evaluation were used in this study methodology. initial observations, interviews, validations sheets, student response questionnaires, and documentation were the methods used to acquire the data. the big book learning media product was composed of art paper and had an a3 size. media experts received 78% of the validation results, followed by material experts (92%), language experts (96%), and practitioner experts (94%). the research’s findings were presented in the form of student interest questionnaires and validation forms, both of which had categories that were excellent to be used in classroom instruction. five class iii-a students participated in limited trials that yielded an 84% percentage, while all class iii-a students participated in field trials that produced a 93% percentage. these two trials demonstrated how engaged students were with the large print learning resources. keywords: research and development, addie model, big book