UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Modelling Terhadap Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri Tarakan

Pengaruh Teknik Modelling Terhadap Keterampilan Bina Diri Siswa Tunagrahita Ringan Di SLB Negeri Tarakan

Pengarang : Al-Hasna Auliani

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Pengembangan keterampilan bina diri merupakan hal yang perlu dilatih kepada setiap individu tidak terkecuali anak berkebutuhan khusus. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh teknik modelling terhadap keterampilan bina diri siswa tunagrahita ringan di slb negeri tarakan. jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian true experimental design dengan bentuk pre-test post-test control group design. teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik yaitu siswa kelas iv, v, dan vi dengan jenis disabilitas tunagrahita ringan. pada penelitian ini, peneliti memilih 28 sampel dengan menggunakan rumus slovin yang kemudian sampel tersebut dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan masing-masing kelompok berjumlah 14 sampel. teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala guttman. berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, rata-rata skor post-test kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen, sementara rata-rata skor post-test kelompok kontrol sama dengan rata-rata skor pre-test kelompok kontrol kecuali pada sub indikator menjaga kebersihan tangan dan kuku. adapun rata-rata skor post-test kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan rata-rata skor post-test kelompok kontrol. berdasarkan hasil perhitungan statistik uji hipotesis independent sample t-test dengan menggunakan spss 26, diketahui bahwa nilai signifikansi independent sample t-test pada bagian equal variances assumed sebesar 0,019. sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji independent sample t-test, jika nilai signifikansi ˂ 0,05 maka h0 ditolak dan ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik modelling berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan bina diri siswa tunagrahita ringan di slb negeri tarakan. kata kunci: modelling, bina diri, tunagrahita ringan

Abstrak Indonesia

Individuals with special needs, as well as others, require self-care abilities. this investigation individuals with special needs, as well as others, require self-care abilities. this investigation is designed to ascertain the impact of the modelling technique on the self-care skills of students with mild intellectual disabilities at slb negeri tarakan. this experiment employs an appropriate experimental design, specifically a control group design with a pre-test and post-test. purposive sampling was used in this investigation, focusing on fourth-, fifth-, and sixth-grade students with mild intellectual disabilities. the researcher selected 28 samples and subsequently divided them into experimental and control groups, each containing 14 samples, using the slovin formula. for data acquisition, the guttman scale was implemented. the research findings indicated that the average post-test scores of the experimental group were higher than their pre-test scores. by contrast, except for the hand and nail cleanliness sub-indicator, the control group’s average post-test scores were identical to their pre-test scores. the experimental group scored higher on the average post-test than the control group. the equal variances assumed section of the independent sample t-test yielded a significance value of 0.019 when statistical calculations were conducted using spss 26. as per the decision-making criteria for the independent sample t-test, h0 is rejected, and ha is accepted if the significance value is less than 0.05. concequently it can be inferred that the modelling technique significantly enhances the self-care skills of students with mild intellectual disabilities at slb negeri tarakan. keywords: self-care, modelling, mild intellectual disabilities