UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of The Difficulties In Reading Comprehension Faced By The Second Semester Students Of English Education Department Of Borneo Tarakan University

The Difficulties In Reading Comprehension Faced By The Second Semester Students Of English Education Department Of Borneo Tarakan University

Pengarang : Sherly Natalina

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca pemahaman yang dihadapi oleh mahasiswa semester dua jurusan pendidikan bahasa inggris di universitas borneo tarakan dan faktor-faktor kesulitan yang mereka hadapi dalam membaca pemahaman. metode kualitatif deskriptif digunakan, dengan sampel yang terdiri dari 79 mahasiswa dari jurusan pendidikan bahasa inggris, dibagi menjadi dua kelompok: lokal a1 (34 mahasiswa) dan lokal a2 (45 mahasiswa). enam mahasiswa dipilih untuk diwawancarai dengan menggunakan teknik purposive sampling. metode pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan wawancara. analisis data melibatkan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi, display, dan verifikasi kesimpulan. hasil tes menunjukkan bahwa 32 dari 79 siswa (45,71%) tidak memenuhi kategori tingkat cefr, 24 siswa (32,29%) dikategorikan sebagai pengguna basic user-waystage (a2), 9 siswa (12,86%) sebagai independent user-threshold (b1), dan 5 siswa (7,14%) sebagai independent user-vantage (b2). di antara 13 keterampilan yang diujikan, yang paling mudah adalah "keterampilan 2: mengenali organisasi ide" dengan nilai rata-rata 47. nilai termudah berikutnya adalah "keterampilan 5: menemukan detail yang tidak disebutkan". dengan nilai rata-rata 45. keterampilan yang paling sulit adalah "keterampilan 8: menemukan definisi dari kata struktural," dengan nilai rata-rata hanya 9. faktor internal yang berkontribusi terhadap kesulitan-kesulitan ini termasuk aspek psikologis, kurangnya motivasi diri, dan penguasaan kosakata yang kurang, dengan huruf menjadi yang paling signifikan. faktor eksternal meliputi teknik mengajar dosen, lingkungan belajar dan latar belakang pengetahuan mahasiswa, dengan lingkungan belajar menjadi faktor yang paling dominan. kata kunci: kesulitan membaca pemahaman, faktor penyebab kesulitan

Abstrak Indonesia

This research aimed to determine the difficulties in reading comprehension faced by the second semester students of english education department at borneo tarakan university and the difficulties factors they faced in reading comprehension. a descriptive qualitative method was employed, with a sample consisting 79 students from the english education department, divide into two groups: local a1 (34 students) and local a2 (45 students). six students were selected for interviews using a purposive sampling technique. data collection methods include observations, tests, and interviews. the data analysis involved steps of data collection, reduction, display, and conclusion verification. the test results revealed that 32 out 79 students (45.71%) did not meet any cefr level category, 24 students (32.29%) were categorize as basic user-waystage (a2), 9 students (12.86%) as independent user-threshold (b1), and 5 students (7.14%) as independent user-vantage (b2). among the 13 skills tested, the easiest was “skill 2: recognize the organization of ideas” with mean score of 47. the next easiest was “skill 5: find unstated detail.” with mean score 45. the most difficult skill was “skill 8: find definition from structural word,” with mean score only 9. internal factors contributing to these difficulties included psychological aspects, lack of self-motivation, and insufficient vocabulary mastery, with the letter being the most significant. external factors included the lecturer’s teaching techniques, the learning environment and the students’ background knowledge, with the learning environment being the most dominant factors. keywords: difficulties in reading comprehension, factors caused difficulties