UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III-A SDN 007 Mamburungan Kota Tarakan

Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas III-A SDN 007 Mamburungan Kota Tarakan

Pengarang : Nody

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Membaca permulaan adalah tahap awal pembelajaran untuk kelas 1, 2 dan 3 mencakup keterampilan, lancar dalam membaca huruf, suku kata, serta kalimat sederhana dengan tepat. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan siswa dari segi membaca huruf, membaca suku kata, membaca kata dan kelancaran membaca teks bacaan melalui tes egra (early grade reading assessment) pada siswa kelas iii-a sdn 007 mamburungan kota tarakan. penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. pengumpulan data dilakukan melalui tes kemampuan membaca (egra), wawancara siswa dan guru serta dokumentasi. subjek penelitian siswa kelas iii-a sdn 007 mamburungan kota tarakan sebanyak 18 siswa terdiri dari 11 perempuan dan 7 laki-laki. berdasarkan hasil penelitian terdapat 13 siswa yang kemampuan membaca permulaannya dalam membaca huruf, membaca suku kata, membaca kata dan kelancaran membaca teks bacaan sangat baik, selanjutnya 5 siswa masih kurang kemampuan membaca permulaannya diantaranya siswa kurang dalam membaca huruf 1 orang yaitu as(l), membaca kata serta membaca teks bacaan 4 orang yaitu app, ma, fum dan sna. adapun faktor penyebab kesalahan dari ke 5 siswa tersebut dalam tes kemampuan membaca yaitu penghilangan huruf pada kata, penggantian kata, dan membaca masih kurang lancar. kemudian siswa juga kurang menguasai huruf alfabet secara keseluruhan dan kesulitan membaca kata yang panjang. masih ada beberapa huruf konsonan yang belum dapat dilafalkan dengan benar dan tepat. siswa juga kesulitan melafalkan suku kata dan kata yang didalamnya terdapat huruf digraf dan diftong seperti -ny dan -ng, sehingga siswa melakukan kesalahan pada saat membaca. selanjutnya karena siswa telah melakukan kesalahan lebih dari batas waktu dan jumlah berapa kali melakukan kesalahan pada saat tes membaca suku kata dan kata, sehingga peneliti menyudahi kegiatan tes dan tidak melanjutkan ke bagian kelancaran membaca teks bacaan. kata kunci: analisis, membaca permulaan, siswa kelas iii-a

Abstrak Indonesia

Early reading is the initial stage of learning for grades 1, 2, and 3, involving skills in reading letters, syllables, and simple sentences accurately. this study aimed to assess the early reading ability of class iii-a students at sdn 007 mamburungan, tarakan city, focusing on letter reading, syllable reading, word reading, and reading fluency using the early grade reading assessment (egra) test. a descriptive qualitative method was used. data were collected through the egra reading ability test, student and teacher interviews, and documentation. the subjects were 18 students from class iii-a, consisting of 11 girls and 7 boys. the results showed that 13 students had excellent early reading abilities in reading letters, syllables, words, and text fluency, while 5 students had poor early reading abilities. the issues included letter omission, word substitution, and lack of fluency. some students struggled with the complete alphabet and had difficulty reading long words. certain consonants were not pronounced correctly, and digraphs and diphthongs like -ny and ng posed challenges. due to exceeding the error limit during the syllable and word reading tests, the researcher concluded the tests without progressing to reading fluency. keywords: analysis, early reading, class iii-a students