UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Need Analysis In English Language Learning Of Students Of Mathematics Department At Borneo University Of Tarakan

Need Analysis In English Language Learning Of Students Of Mathematics Department At Borneo University Of Tarakan

Pengarang : Arafah Nurhidayah

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan mahaiswa terkait kebutuhan pembelajaran dan kebutuhan kebahasaan dalam pembelajaran bahasa inggris oleh mahasiswa jurusan pendidikan matematika di universitas borneo tarakan. metodologi penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif. pada teknik pengumpulan data, penelitian ini mengunakan kuisioner, wawancara dan dokumentasi. subjek penelitian ini adalah 36 mahasiswa jurusan pendidikan matematika angkatan 2021 di universitas borneo tarakan. hasil penelitian mengungkapkan bahwa mahasiswa menghadapi beberapa kesulitan dalam mempelajari bahasa inggris matematika, sehingga dibutuhkan buku atau materi yang lebih spesifik dan bervariasi. kesimpuan dari penelitian ini berdasarkan hasil analisis kebutuhan pembelajaran dan kebutuhan kebahasaan mahasiswa jurusan pendidikan matematika angkatan 2021 di univetditas borneo tarakan, mahasiswa membutuhkan buku atau materi yang lebih spesifik dan bervariasi serta terdapat beberapa aktifitas yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan empat keterampilan berbahasa inggris, seperti menonton dan mendengarkan video/podcast, praktik berbicara dalam diskusi maupun sesi tanya jawab, menerjemahkan kata, merangkum dan membuat catatan, serta berkegiatan diluar kelas dengan suasana yang kondusif. kata kunci: analisis kebutuhan, pembelajaran bahasa inggris.

Abstrak Indonesia

This study aims to describe the need analysis of students related to learning needs and language needs in learning english by students majoring in mathematics education at borneo university tarakan. the research method used qualitative method. data collection techniques were questionnaires, interviews, and documentation. the subjects of this study were 36 students majoring in the mathematics education department for academic year 2021 at borneo tarakan university. the result revealed that students had difficulties learning mathematical english, so more specific and varied books or materials are needed. the conclusion revealed that students need books or materials that are more specific and varied. there are several activities that can help students improve four english language skills, such as watching and listening to videos/podcast, speaking practice in discussion and qna session, translating words, summarizing and taking notes, and activities outside the classroom with a conducive atmosphere. keywords: need analysis, english language learning