UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berdasarkan Kriteria Watson

Kesalahan Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Tarakan Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Berdasarkan Kriteria Watson

Pengarang : Dwi Ira Rahayu

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas vii smp muhammadiyah 1 tarakan dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan kriteria watson. pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dan wawancara. teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar berdasarkan kriteria watson yaitu kesalahan data tidak tepat, siswa menghilangkan variabel serta menuliskan data yang kurang tepat; kesalahan prosedur tidak tepat, siswa menggunakan langkah penyelesaian yang kurang tepat; kesalahan data hilang, siswa menghilangkan data tanpa sebab atau tanpa disengaja; kesalahan kesimpulan hilang, siswa tidak dapat menyelesaikan proses perhitungan hingga hasil akhir; kesalahan konflik level respon, siswa hanya menuliskan hasil akhir tetapi tidak menuliskan langkah-langkah yang digunakan; kesalahan masalah hierarki keterampilan, siswa kurang tepat dalam melakukan perhitungan angka negatif sehingga prosedur dan hasil akhir yang di dapatkan selanjutnya menjadi tidak benar; dan kesalahan selain ketujuh kriteria diatas, siswa hanya menuliskan soal dan tidak ada jawaban. kata kunci: kesalahan siswa, soal aljabar, kriteria watson

Abstrak Indonesia

This type of research is a case study with a qualitative approach. the study aimed to identify the mistakes made by 7th-grade students at smp muhammadiyah 1 tarakan in solving algebra problems based on watson's criteria. data collection was carried out through document analysis and interviews. the data analysis techniques used were condensation, data presentation, and conclusion drawing. the results of the study revealed several types of mistakes made by students in solving algebra problems based on watson's criteria, namely: 1) incorrect data: students omit variables and write incorrect data: 2) incorrect procedure: students use inappropriate solution steps; 3) missing data: students omit data either unintentionally or without cause; 4) missing conclusion: students fail to complete the calculation process to the final result; 5) response level conflict: students write only the final result without showing the steps used; 6) skill hierarchy issues: students make mistakes in calculating negative numbers, leading to incorrect procedures and final results; 7) other mistakes: students write only the problem without providing any answers. keywords: student mistakes, algebra problems, watson's criteria