
Hubungan Antara Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPK Frater Don Bosco Tarakan
Pengarang : Lusia Lisnawati Lito Tukan
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas viii smpk frater don bosco tarakan tahun ajaran 2023/2024. jenis penelitian ini adalah penelitian survei. sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smpk frater don bosco tarakan sebanyak 33 siswa yang diambil dengan menggunakan tekning sampling jenuh. data penelitian diperoleh menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, dianalisis dengan uji korelasi pearson product moment. hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas viii smpk frater don bosco tarakan dengan r = 0,227 dan berada pada tingkat korelasi lemah. berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi, diketahui bahwa hubungan kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas viii smpk frater don bosco tarakan sebesar 5,15% dan 94,85% ditentukan oleh variabel lain. kata kunci: kebiasaan belajar, hasil belajar matematika
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the relationship between study habits and the mathematics learning outcomes of eighth-grade students at smpk frater don bosco tarakan for the 2023/2024 academic year. this research is survey study. the sample consisted of all 33 eight-grade students at smpk frater don bosco tarakan, selected using a saturated sampling technique. data were collected through documentation and questionnaires and analyzed using the pearson product moment correlation test. the analysis results show positive relationship between study habits and the mathematics learning outcomes of eighth- grade students at smpk frater don bosco tarakan, with r = 0,227, indicating a weak correlation. based on the calculation of the coefficient of determination, it was found that study habits account for 5,15% off the variance in mathematics learning outcomes, while the remaining 94,85% is determined by other variables. keywords: study habits, mathematics learning outcomes