
Analisis Kemampuan Membaca Nyaring Pada Siswa Kelas I Sd Negeri 024 Tarakan
Pengarang : Nicky Anggeline Moningka
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk, mengetahui kemampuan membaca nyaring siswa kelas i sdn 024 tarakan. penelitian ini di lakukan di sd negeri 024 kampung bugis kota tarakan, penentuan daerah panelitian diambil dengan pertimbangan peneliti. metode yang digunakan dalam analisis ini yaitu jenis penelitian kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case study). hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) dari kelancaran membaca nyaring kemampuan siswa masih tergolong kurang. hal ini di lihat dari siswa kadang-kadang harus mengeja pada kalimat tertentu. terdapat beberapa siswa yang tidak lancar ketika membaca. siswa yang tidak lancar ketika membaca tersebut sering menunjukan ciri-ciri masih mengeja, terbata-bata, ragu-ragu serta membutuhkan waktu yang lama untuk melanjutkan suatu bacaan yang terdapat kata yang dirasa cukup sulit baginya, (2) berdasarkan kejelasan suara kemampuan siswa dalam membaca nyaring cukup baik. hal ini dilihat dari siswa masih terdapat kesalahan dalam melafalkan huruf, yang mengakibatkan kurang jelasnnya beberapa kalimat yang dibaca. akan tetapi siswa membaca dengan lantang atau nyaring, (3) dari segi intonasi kemampuan siswa dalam membaca nyaring masih tergolong kurang. hal ini di lihat dari sering kali intonasi siswa ketika membaca kurang tepat, karena siswa kurang memperhatikan tanda baca yang ada. sehingga intonasi akan berubah-ubah, tidak sesuai intonasi bacaan yang seharusnya dan seringkali siswa tidak memperhatikan tanda baca khususnya tanda seru (!) dan koma (,). (4) dari segi keberanian kemampuan siswa dalam membaca nyaring tergolong sangat baik. hal ini di lihat dari siswa ketika membaca penuh dengan rasa percaya diri, membaca dengan sikap yang baik siswa berani dan tenang saat membaca di depan kelas dan dihadapan banyak pendengar dengan rasa percaya diri. kata kunci: analisis kemampuan, membaca nyaring
Abstrak Indonesia
This research aimed to determine the reading aloud ability of class i students at sdn 024 tarakan. conducted at sdn 024 kampung bugis in tarakan city, the research location was selected at the discretion of the researcher. a qualitative research method with a case study approach was utilized. the findings revealed several key points: (1) fluency, the students' fluency in reading aloud was generally poor. this was evident as students often needed to spell out certain sentences and were not consistently fluent. characteristics of non-fluency included spelling out words, stammering, hesitating, and taking a long time to continue reading, especially when encountering difficult words; (2) clarity, the clarity of students' reading aloud was somewhat lacking. students often made mistakes in pronouncing letters, leading to unclear sentences. despite these issues, students did attempt to read aloud; (3) intonation, students' intonation when reading aloud was also poor. they frequently misinterpreted punctuation marks, leading to incorrect intonation. punctuation marks, especially exclamation marks (!) and commas (,), were often ignored, resulting in inappropriate changes in intonation; (4) courage, in contrast to other areas, students' courage to read aloud was very good. students read confidently, maintained good posture, and demonstrated bravery and calmness when reading in front of the class and many listeners. keyword: analysis of the ability, reading aloud