
Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sifat-Sifat Benda Dan Perubahannya Di Kelas V-A SDN 047 Tarakan
Pengarang : Andi Kasmawati
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audio visual pada materi sifat-sifat benda dan perubahannya dikelas va sdn 047 tarakan. serta untuk mengetahui kelayakan media yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi, bahasa, media dan praktisi. dan untuk mengetahui respon siwa terhadap media yang diambil dari angket respon siswa. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau research and development (r&d) dengan menggunakan model addie yang terdiri dari lima tahapan yaitu: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. hasil oleh ahli materi memperoleh persentase sebesar 67,5% kategori layak, ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 88,8%, kategori sangat layak, validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 86,6%, kategori sangat layak dan validasi ahli praktisi memperoleh persentase sebesar 97,1% kategori sangat layak. selain itu hasil dari angket respon siswa pada uji coba kelompok awal memperoleh presentase sebesar 95%, kategori sangat layak, dan uji coba kelompok lapangan memperoleh persentase sebesar 95% kategori sangat layak. sehingga media pembelajaran audio visual yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. kata kunci: pengembangan, media audio visual materi sifat-sifat benda dan perubahannya, model addie
Abstrak Indonesia
This research aims to create audio-visual learning materials concerning the material properties of objects and their changes for the va class in sdn 047 tarakan. in addition, to determine the feasibility of media based on the outcomes of material validation by expert, languages, media and practitioners. and to determine shiva’s response to the media using the student response questionnaire. the research method used is research and development, or r&d, employing the addie paradigm, which consists of five steps: analysis, design, development, lamentationion, and evaluation. the experts in different fields were able to obtain the following percentages in their respective categories: material experts got 67,5%in the feasible category, linguists got 88,8% in the decent category, media experts got 86,6% in the very decent category, and practitioner experts got 97,1% in the very decent category. the student's response questionnaire from the initial group trial indicated a high feasibility percentage of 95%, categorizing it as extremely feasible. similarly, the field group trial also yielded a high feasibility percentage of 95% in the same category. therefore, the audio-visual learning media created is an appropriate and valuable addition to the learning process. keywords: development, audio visual media, object properties and changes, addie model