UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMPN 13 Tarakan

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Di SMPN 13 Tarakan

Pengarang : Ririn Astria

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemandirian belajar merupakan proses perancangan dan pemantauan diri yang seksama terhadap proses kognitif dan afektif dalam menyelesaikan suatu tugas akademik. sebagai proses belajar yang terjadi karena pengaruh dari pemikiran, perasaan, strategi, dan perilaku sendiri yang berorientasi pada pencapaian tujuan. permasalahan terkait kemandirian belajar siswa di smpn 13 tarakan seperti, terdapat beberapa siswa yang tidak bertanggungjawab dalam menyelesaikan tugas yang diberikan dan terdapat juga siswa yang tidak mampu mengikuti selama proses pembelajaran berlangsung. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di smpn 13 tarakan. metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. data diperoleh melalui wawancara kepada satu guru bimbingan dan konseling dan satu wali kelas viii. analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kemandirian belajar siswa menjadi tanggungjawab guru bimbingan dan konseling. hal ini diketahui bahwa guru bimbingan dan konseling di smp negeri 13 tarakan melakukan identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, pemberian bantuan, evaluasi dan tindak lanjut ketika terdapat siswa yang mengalami permasalahan terkait kemandirian belajar. selain itu, guru bk memberikan layanan konseling kelompok dan konseling individual kepada siswa dan membawa perubahan baik dirinya, hingga tujuan dari penelitian ini tercapai, yaitu untuk membantu siswa dalam kemandirian belajar siswa di sekolah. kata kunci: guru bimbingan dan konseling, kemandirian belajar, layanan, upaya

Abstrak Indonesia

Learning independence is a process of self-design and careful monitoring of cognitive and affective processes in completing an academic task. it is a learning process that occurs due to the influence of one's thoughts, feelings, strategies, and behaviours toward achieving goals. problems related to students' learning independence at smpn 13 tarakan include some students who are not responsible for completing the assigned tasks and some who cannot follow the learning process. this study aims to describe the efforts of guidance and counselling teachers in improving students' learning independence at smpn 13 tarakan. the study method used is qualitative research with a descriptive approach. data were obtained through interviews with one guidance and counselling teacher and one homeroom teacher of class viii data analysis used in this study includes data reduction, data presentation, and conclusion. the study results show that the efforts of guidance and counselling teachers in overcoming students' learning independence become the responsibility of guidance and counselling teachers. it is known that the guidance and counselling teachers at smpn 13 tarakan identify problems, diagnose, prognosis, provide assistance, evaluate and follow up when students experience issues related to learning independence. in addition, the guidance and counselling teacher offers group counselling and individual counselling services to students and brings positive changes to themselves until the purpose of this study is achieved, which is to help students learn independence at school. keywords: guidance and counselling teacher, learning independence, services, efforts