UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan

Pengarang : Rafli Syaidil Hasan

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuann untuk mengetahui pengaruh teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan. kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan dalam berbagai aspek kelebihan yang dimilikinya, dan dengan sikap yakin atas kemampuan diri sendiri sehingga dalam tindakan-tindakannya tidak terlalu cemas, merasa bebas untuk melakukan hal-hal yang sesuai keinginan dan tangung jawab atas perbuatannya. penelitian ini merupakan penelitian preexperimental design menggunakan one group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan yang berjumlah sebanyak 172 siswa dan penarikan sampel yang digunakan purposive sampling berjumlah 10 siswa. instrumen penelitian menggunakan skala kepercayaan diri berdasarkan teori sugiyono (2019)., teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan uji hipotesis paired sample t-test. adapun uji paired sample t-test menggunakan spss 25.0 for windows. hasil analisis data dari uji paired sample t-test diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka ho ditolak dan ha diterima yang artinya bahwa teknik role playing efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas viii smp negeri 3 tarakan. berdasarkan dari hasil skor pretest yang di peroleh 10 siswa sebagai sampel penelitian ini terdapat 3 (30%) siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, 3 (30%) siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang sedang, 4 (40%) siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. pada hasil posttest hasil skor terdapat 10 (100%) seluruh siswa memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. kata kunci: teknik role playing, kepercayaan diri

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine the effect of role-playing technique on increasing the self-confidence of the eighth-grade students at smp negeri 3 tarakan. self- confidence, characterized by belief in one's strengths and an assured attitude towards one's abilities, enables individuals to act without excessive anxiety, pursue goals freely, and take responsibility for their actions. the research adopted a pre- experimental design, employing a one-group pretest-posttest with a quantitative approach. the study population comprised 172 eighth-grade students, and purposive sampling was utilized to select 10 participants. a self-confidence scale, based on sugiyono's (2019) theory, served as the research instrument. data analysis involved descriptive and inferential analyses, with the paired sample t-test conducted using spss 25.0 for windows. the results of the paired sample t-test revealed a sig (2-tailed) value of 0.000 0.05, leading to the rejection of the null hypothesis (ho) and acceptance of the alternative hypothesis (ha). this indicates the effectiveness of the role-playing technique in enhancing the self-confidence of the eighth-grade students at smp negeri 3 tarakan. prior to the treatment (pretest), among the 10 sampled students, 3 (30%) demonstrated a high level of self- confidence, 3 (30%) displayed a moderate level, and 4 (40%) exhibited a low level. however, following the implementation of the role-playing technique, all 10 students (100%) exhibited a high level of self-confidence in the posttest assessment. keywords: role playing technique, self confidence