UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan

Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Tarakan

Pengarang : Amelia Oktaviani Martinus

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan motivasi belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan tahun ajaran 2023/2024. jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. sampel penelitian adalah siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan sebanyak 152 orang siswa yang diambil dengan teknik simpel random sampling. data penelitian diperoleh menggunakan teknik dokumentasi dan kuesioner, dianalisis dengan uji rank spearman. hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan. dengan persamaan nilai signifikansi 0,777 > 0,05 (2) tidak terdapat pengaruh antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas ix smp negeri 5 tarakan. dengan persamaan signifikansi sebesar 0,226 > 0,05. kata kunci: kebiasaan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika

Abstrak Indonesia

This research aims to determine the influence of study habits and motivation to learn mathematics in class ix students at smpn 5 tarakan for the 2023/2024 academic year. this type of research is research ex post facto. the research sample was 152 students in class ix of smpn 5 tarakan, taken using simple random sampling techniques. research data was obtained using documentation and questionnaire techniques, and analyzed using the spearman rank test. the results of data analysis show that: (1) there is no influence between study habits on the mathematics learning outcomes of class ix students at smpn 5 tarakan. the equal significance value of 0.777 > 0.05 (2) there is no influence between learning motivation on the mathematics learning outcomes of class ix students at smpn 5 tarakan. the equal significance value of 0.226 > 0.05. keywords: influence of study habits and learning motivation on mathematics learning outcomes