
Pengaruh Guided-Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XII MIPA SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Eksanti Tangkebua
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model guided-discovery learning (gdl) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis (kpmm) siswa. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group pretest-postest. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xii mipa sma negeri 3 tarakan. pengambilan sampel dilakukan dengan random-intact group. sampel dalam penelitian ini adalah xii mipa 1 sebagai kelas eksperimen dan xii mipa 2 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dalam bentuk uraian terstruktur. teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. analisis deskriptif meliputi rata-rata, nilai per indikator, dan standar deviasi. analisis inferensial meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis yang menggunakan metode statistik nonparametrik yaitu uji mann whitney dikarenakan data yang tidak berdistribusi normal. berdasarkan hasil uji hipotesis untuk melihat ada tidaknya pengaruh perlakuan, dalam hal ini model gdl terhadap kpmm siswa adalah dengan hasil uji perbedaan n-gain score antara kelas ekperimen dan kelas kontrol, dimana nilai asymp. sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga ho ditolak dan ha diterima, artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada n-gain skor kpmm antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model gdl dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model konvensional. sehingga dapat disimpulkan bahwa model guided-discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. kata kunci: guided-discovery learning, kemampuan pemecahan masalah matematis
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine whether the guided-discovery learning (gdl) model affects students' mathematical problem-solving ability (mpsa). the type of research used in this study is a quasi-experiment with a non-equivalent control group pretest-posttest design. the population in this study consists of all 12th grade science students at sma negeri 3 tarakan. the sample was taken using the random-intact group method. the samples in this study were xii mipa 1 as the experimental class and xii mipa 2 as the control class. data collection was carried out using written tests in the form of structured essays. the data analysis techniques used were descriptive analysis and inferential analysis. descriptive analysis includes the mean, per-indicator scores, and standard deviation. inferential analysis includes tests for normality, homogeneity, and hypothesis testing using the non-parametric mann-whitney test due to the data not being normally distributed. based on the hypothesis test results to determine the effect of the treatment, in this case, the gdl model on students mpsa, the difference in n-gain scores between the experimental and control classes yielded an asymp. sig. (2-tailed) value of 0.000 < 0.05, thus rejecting ho and accepting ha. the result indicated a significant difference in the n-gain scores of mpsa between students taught using the gdl model and those taught using the conventional model. this study concluded that the guided-discovery learning model affects students' mathematical problem-solving ability. keywords: guided-discovery learning, mathematical problem-solving ability