
Pengaruh Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI Di SMA Muhammadiyah Tarakan
Pengarang : Sahkriana Binti Sahrir
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandiriana belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi di sma muhammadiyah tarakan. jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. populasi dalam penelitian ini merupakan siswa sma mhammadiyah tarakan kelas xi. pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate random sampling. sampel yang diambil dalam penelitian ini 67 responden siswa kelas xi sma muhammadiyah tarakan. teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan dokumen. teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan bantuan software spss for windows untuk menganalisis data hasil penelitian. hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori kemandirian belajar siswa kelas xi di sma muhammadiyah tarakan dominan pada kategori tinggi dengan persentase 57%. hasil hasil belajar matematika siswa kelas xi di sma muhammadiyah tarakan dominan pada kategori sangat rendah dengan persentase 96%. hasil analisis koefisien determinasi menunjukkan bahwa kemandirian belajar memberikan kontribusi 20,3% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi di sma muhammadiyah tarakan. hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa berpengaruh negatif secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas xi di sma muhammadiyah tarakan. kata kunci: kemandirian belajar, hasil belajar, matematika
Abstrak Indonesia
This study aims to determine the effect of students' learning independence on matematics learning outcomes of grade xi students at muhammadiyah tarakan high school. this type of study is quantitative research with a survey method. the population in this study were grade xi students of muhammadiyah tarakan high school. sampling ini this study used proportionate random sampling. the data collection technique used in this study were questionnaires and documents. the data analisys technique used in this study used the spss for windows software to analyze the research data. the results showed that the category of learning independence of grade xi students at muhammadiyah tarakan high school was dominant in the high category with a percentage of 57%. the matematics learning outcomes of grade xi students at muhammadiyah tarakan high school were dominant in the very low category, with a rate of 96%. the analysis of the coefficient of determination shows that learning independence contributes 20.3% to the matematics learning outcomes of grade xi students at muhammadiyah tarakan high school. it indicates that students' learning independence significantly affects the matematics learning outcomes of grade xi students at muhammadiyah tarakan high school. keyword: learning independence, learning outcomes, matematics