UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Minat Baca Siswa Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 002 Selumit Pantai

Hubungan Minat Baca Siswa Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri 002 Selumit Pantai

Pengarang : Samsuria

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat baca siswa dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas v di sd negeri 002 selumit pantai. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional yang dilaksanakan pada tanggal 26 april s.d 10 mei tahun ajaran 2023/2024. populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas v sd negeri 002 selumit pantai yang berjumlah 46 siswa. teknik dalam pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik sampling jenuh. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. data hasil penelitian diolah dengan menggunakan bantuan software spss versi 25.0 for windows. hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan minat baca siswa dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas v di sd negeri 002 selumit pantai. hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan korelasi product moment diperoleh nilai rhitung (0,319) ˃ rtabel (0.291) dengan taraf signifikansi 5% dengan jumlah n=46. besar korelasi minat baca siswa dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas v di sd negeri 002 selumit pantai berada dikategori rendah. berdasarkan hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil hubungan sebesar 10,2% sedangkan sisanya sebesar 89,8% ditentukan oleh faktor hubungan lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. hal ini memiliki arti bahwa setiap kenaikan variabel minat baca siswa akan mempengaruhi kenaikan variabel kemampuan membaca pemahaman. kata kunci: minat baca siswa, kemampuan membaca pemahaman

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine the relationship between student reading interest and reading comprehension ability in grade v students in sd negeri 002 selumit pantai. the type of research used correlational quantitative research which was carried out on april 26th to may 10th for the 2023/2024 academic year. the population and sample of this study were all students in grade v of sd negeri 002 selumit pantai which the totals of 46 students. the sampling technique in this study used non probability sampling method with a saturated sampling technique. the data collection technique in this study used questionnaires and tests. the data from the research results were processed using the spss software version 25.0 for windows. the results of this study showed that there was a relationship between student reading interest and reading comprehension ability in grade v students at sd negeri 002 selumit pantai. it can be seen from the results of the product moment correlation calculation obtained a rhitung (0.319) > rtabel (0.291) with a significance level of 5% with the number of n=46. the correlation between student reading interest and reading comprehension ability in grade v students at sd negeri 002 selumit pantai was in the low category. based on the results of the determination of coefficient test, the relationship result was obtained at 10.2% while the remaining 89.8% was determined by other relationship factors that were not studied in this study. it means that every increase in the variable of student reading interest will affect the increase in the variable of reading comprehension. keywords: student reading interest, reading comprehension ability