UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Menu Grill Di Kedai Korean Kitchen Kota Tarakan

Analisis Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Menu Grill Di Kedai Korean Kitchen Kota Tarakan

Pengarang : Muhammad Hartandy Rahmat

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Ketatnya persaingan dan perkembangan kedai yang menyediakan menu grill mengharuskan pemilik kedai untuk memberikan nilai yang berbeda atau positif agar bisa bersaing seperti harga yang terjangkau dan tema yang berbeda dari kedai menu grill lainnya. penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian di kedai korean kitchen 2) mengetahui faktor yang lebih dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam pembelian di kedai korean kitchen. penelitian dilaksanakan di kedai korean kitchen sejak oktober 2023 sampai februari 2024. teknik penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik non-probability sampling. metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. penentuan responden pada penelitian menggunakan kriteria minimal berumur 15 tahun dan pernah makan di kedai korean kitchen ini berjumlah 100 responden. hasil penelitian di analisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji simultan (uji f), uji parsial (uji t). menghasilkan r¬2 89,2%. dengan persamaan regresi linier berganda y = 0,300 – 0,147x1 + 0,361x2 + 0,633x3 + 0,187x4 + e. uji f menunjukkan faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis berpengaruh signifikan secara simultan sebesar 0,000. uji t menunjukkan faktor budaya dengan signifikan sebesar 0,005, faktor sosial dengan signifikan sebesar 0,000, faktor pribadi dengan signifikan 0,000, dan faktor psikologis dengan signifikan 0,005. kata kunci: keputusan konsumen, korean kitchen, menu grill

Abstrak Indonesia

The intense competition and rapid development of grill menu shops require owners to offer unique or positive values, such as affordable prices and distinctive themes, to stay competitive. this research aimed to: (1) identify the factors influencing consumer decision-making in purchasing at the korean kitchen shop, and (2) determine the most dominant factors affeeting consumer decision-making in purchasing at the korean kitchen shop. the research was conducted at the korean kitchen shop from october 2023 to february 2024. the study utilized a non-probability sampling technique, specifically purposive sampling. respondents were selected based on the criteria of being at least 15 years old and having previously dined at the korean kitchen shop. resulting in a sample of 100 respondents. data were analyzed using a validity test, reliability test, classical assumption test, simultaneous test (f test). the analysis yielded an r2 vale of 89,2% with the multiple linear regression equation: y=0.300-0.147x1+0.361x2+0.633x3+0.187x4+e. the f-test resulting in p=0.000 indicated that the cultural, social, personal dan psychological factors simultaneously had a significant effect on consumer decision-making. the t-test results showed that each factor partially had a significant influence on consumer decision-making: cultural factor (p = 0.005), social factor (p = 0.000), personal factor (p = 0.000), and psychological factor (p = 0.005). keywords: consumer decision, korean kitchen, grill menu