
Pengaruh Representasi Matematis Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX Di SMP Negeri 11 Tarakan
Pengarang : Otah Zagieta
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh representasi matematis peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas ix di smp negeri 11 tarakan. penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. sampel pada penelitian ini sebanyak 70 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan test berupa (essay) uraian sebanyak 3 soal dan dokumentasi hasil belajar uas semester ganjil peserta didik. teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujian hipotesis uji t. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial antara representasi matematis terhadap hasil belajar peserta didik kelas ix smp negeri 11 tarakan dari hasil pengujian hipotesis uji t diperoleh t_hitung 2,938 > t_tabel 1,995 dengan signifikansi (0.,005 < 0, 05). sedangkan hasil dari persamaan regresi y = 51, 323 + 0,249 x. sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh representasi matematis peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik kelas ix di smp negeri 11 tarakan. kata kunci: representasi matematis, hasil belajar, matematika
Abstrak Indonesia
This study aimed to determine whether there was an impact of students' mathematical representation on the learning outcomes of ninth grade students at smp negeri 11 tarakan. the study was conducted during the first semester of the 2022/2023 academic year. the type of research used was quantitative research with a survey method . the sample consisted of 70 students selected using a nonprobability sampling technique . data collection was carried out by administering an essay test comprising 3 questions and documenting the students' final semester exam results. the data analysis technique used was simple regression analysis and hypothesis testing with a t-test. the results showed a significant partial impact of mathematical representation on the learning outcomes of ninth grade students at smp negeri 11 tarakan, with the regression equation y 51,323 0,249 x. the hypothesis testing results indicated that t calculated 2.938 t table 1.995 with a significance level of a 5 (0.005 0.05), thus it could be concluded that there was an impact of students' mathematical representation on the learning outcomes of ninth grade students at smp negeri 11 tarakan. keywords: mathematical representation, learning outcomes, mathematics