
Pengaruh Tanggung Jawab Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas 8 SMP Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Nur Darmayanti Dwi Syahputri
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh tangung jawab belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 8 smp negeri 3 tarakan. penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei metode survei adalah penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data dari tempat tertentu yang alamiah (bukan buatan). populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8 smp negeri 3 tarakan sebanyak 272 siswa. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan proporsional statisfied random sampling yaitu teknik yang digunakan bila populasi mempunyai anggota atau unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proposional, setelah dilakukan perhitungan diperoleh sampel sebanyak 162 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tanggung jawab belajar dan dokumentasi penilaian akhir semester genap matematika siswa. teknik analisis data yang digunakan adalah statistika deskriptif dan analisis inferensial menggunakan analisis regresi linear sederhana dan uji t. berdasarkan hasil statistika deskriptif skor tanggung jawab belajar dengan rata-rata 64, dan prestasi belajar matematika dengan rata-rata 80. berdasarkan uji statistik inferensial diperoleh bahwa data berdistribusi normal dan linier. hasil persamaan regresi yaitu y ̂ = 72,954 + 0,108x. berdasarkan analisis hasil uji t, diperoleh nilai thitung sebesar 2,003, yang mana lebih besar dari ttabel yaitu 1,974 (2,003>1,974), dengan tarif signifikan 0,000 < 0,05 maka ha diterima. sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara tanggung jawab belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas 8 smp negeri 3 tarakan. kata kunci: tanggung jawab belajar, prestasi belajar
Abstrak Indonesia
The purpose of this study was to determine the effect of learning responsibility on mathematics learning achievement of 8th grade students of smp negeri 3 tarakan. this research was quantitative research with survey research type. the population was the 8th grade students of smp negeri 3 tarakan with as many as 272 students. the sampling technique was carried out using proportional stratified random sampling, which is a technique used when the population has members or elements that are not homogeneous and stratified proportionally. after the calculation, a sample of 162 students was obtained. the instruments used in this study were a learning responsibility questionnaire and documentation of the final assessment of even semester mathematics students. the data analysis technique used is descriptive statistics and inferential analysis using simple linear regression analysis and t test. based on the results of descriptive statistics, the learning responsibility score with an average of 64, and mathematics learning achievement with an average of 80. based on inferential stastistical tests, it was found that the data is normally distributed and linear. the regression equation result wa y ̂ = 72,954 + 0,108x. based on the analysis of the t test results, the t-count value was 2.300, which is greater than the t-tabel which was 1.974 (2.003>1.974), with a significant rate of 0.000 < 0.05, so ha is accepted. so it can be concluded that there was a significant influence between learning responsibility on the mathematics learning achievement of 8th grade students of smp negeri 3 tarakan. keywords: learning responsibility, learning achievement