
Analisis Video Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Berbasis Platform Youtube Pada Channel Le GuruLes
Pengarang : Siti Rahma Dina
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik yang terkandung pada video pembelajara dalam chanel “le guru les” ditinjau dari aspek isi, aspek penyajian, aspek bahasa, dan aspek grafika penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis konten. data dikumpulkan melalui kegiatan analisis pada empat aspek yaitu aspek isi, aspek penyajian, aspek grafika, dan aspek bahasa yang memuat beberapa indikator disetiap aspek tersebut. hasil penelitian menunjukkan bahwa 3 video pembelajaran chanel le guru les yang berjudul “definisi himpunan, penulisan himpunan, anggota himpunan”, “pengenalan aljabar kelas 7, bangun aljabar, mengurutkan aljabar”, “jenis himpunan, bilangan kardinal, himpunan semesta” dalam aspek isi: 1) apersepsi dan motivasi; 2) penguasaan materi pembelajaran; 3) menggunakan contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. dalam aspek penyajian ditemukan bahwa keruntutan konsep penyajian video pembelajaran dari 3 video pembelajaran yang dianalisis dapat dikatakan seluruh video menyajikan materi secara terurut mulai dari materi yang termudah ke materi sulit. berdasarkan penyusunan materi dilakukan secara sistematis dan spesifik, serta contoh soal dan soal latihan yang disajikan dapat memperkaya pengetahuan penonton dan dapat mengukur/menilai pengguna terkait materi yang disajikan. selain itu, terdapat latihan soal di setiap sub materi. dalam aspek grafika dari 3 video pembelajaran yang pada chanel le gurules menunjukkan bahwa ukuran huruf yang digunakan proporsional pada layar dan pemilihan jenis huruf sudah tepat dan sesuai dengan video pembelajaran. kemudian, gambar yang ditampilkan jelas (tidak buram), sudah proporsional dan realistis. dan dalam video terdapat ilustrasi yang dapat mendukung pengguna dalam memahami materi terkait. dalam aspek bahasa: 1) judul video pembelajaran menggambarkan isi video; 2) ketidakbakuan istilah; 3) melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif penonton. kata kunci: video pembelajaran matematika, chanel le guru les
Abstrak Indonesia
This study aims to describe the characteristics of the learning video in the 'le guru les' channel in terms of content, presentation, language, and graphical aspects. the researcher used a qualitative research approach using the content analysis method. data were collected by analysing four aspects, namely content aspect, presentation aspect, graphical aspect, and languge aspect, which contains several indicators for each aspect. the results showed that the three learning videos of le teacher les's channel entitled definition of set, writing set, set member, introduction to grade 7 algebra, building algebra, sorting algebra, types of sets, cardinal numbers, universe sets in the content aspect: 1) apperception and motivation; 2) mastery of learning materials; 3) using examples found in everyday life. in the presentation aspect, the orderliness of presenting learning video from the three learning videos analysed show that all videos presented the material in order, from the easiest to the most challenging. based on the preparation of the material was done systematically and precisely, as well as examples of questions and practice questions presented can enrich the knowledge of the students and can measure/assess students related to the material presented. in addition, there were practice questions in each sub-material. based on the graphical aspect of the three learning videos on the le gurules channel. it showed that the font size was proportional to the screen and the font selection was appropriate for the learning video. then, the images displayed were clear (not blurry), proportional and realistic. some illustrations can help users understand related material, in the language aspect 1) the title of the learning video describes the content of the video; 2) the non-rigidity of terms; 3) implementing learning that fosters active audience participation. keywords: maths learning video, le guru les channel