UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan Pada Masa Pembelajaran Daring

Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan Pada Masa Pembelajaran Daring

Pengarang : Lisa Novita Sari

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas ix mts negeri tarakan pada masa pembelajaran daring. jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas ix semester genap tahun ajaran 2021/2022 di mts negeri tarakan. metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas ix mts negeri tarakan. sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki kemampuan pemahaman konsep yang rendah dengan persentase 62,22% (56 siswa). adapun nilai rata-rata untuk setiap indikator pemahaman konsep dan persentase jumlah siswa yang memperoleh pencapaian tinggi pada setiap indikator pemahaman konsep yaitu, pada indikator menyatakan ulang sebuah konsep dengan nilai rata-rata 54.17 dan persentase sebesar 37,78%, pada indikator mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya dengan nilai rata-rata 84.44 dan persentase sebesar 85,56%, pada indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep dengan nilai rata-rata 81.94 dan persentase sebesar 82,22%, pada indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika dengan nilai rata-rata 18.89 dan persentase sebesar 10%, pada indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup dari suatu konsep dengan nilai rata-rata 38.06 dan persentase sebesar 25,56%, pada indikator menggunakan dan memanfaatkan serta memilih prosedur atau operasi tertentu dengan nilai rata-rata 61.39 dan persentase sebesar 63,33%, dan pada indikator mengklasifikasikan konsep atau algoritma pada pemecahan masalah dengan nilai rata-rata 36.39 dan persentase sebesar 22,22%. kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, pembelajaran daring

Abstrak Indonesia

This study aims to describe the conceptual understanding ability of class ix students at mts negeri tarakan during online learning. the research employed a descriptive quantitative approach and was conducted with class ix students in the even semester of the 2021/2022 academic year. data collection used a conceptual understanding ability test. the study's population included all class ix students at mts negeri tarakan, with a sample of 90 students selected using cluster random sampling. the results indicated that the majority of students had low conceptual understanding ability, with 62.22% (56 students) classified as low. the average scores and percentage of students achieving high levels for each conceptual understanding indicator were as. follows: restating a concept (average score 54.17, 37.78% achieving high), classifying objects according to their attributes (average score 84.44, 85.56% achieving high), providing examples and non-examples of a concept (average score 81.94, 82.22% achieving high), representing concepts in various forms of mathematical representation (average score 18.89, 10% achieving high), developing necessary and sufficient conditions for a concept (average score 38.06, 25.56% achieving high), using and selecting procedures (average score 61.39, 63.33% achieving high), and categorizing concepts or algorithms in problem-solving (average score 36.39, 22.22% achieving high). keywords: conceptual understanding ability, online learning