UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar IT Ibnu Sina Nunukan

Pengaruh Beban Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar IT Ibnu Sina Nunukan

Pengarang : Muhammad Lias

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh beban kerja dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sekolah dasar it ibnu sina nunukan. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. teknik pengumpulan data dengan pengamatan (kuesioner dan wawancara). sampel penelitian diambil dengan menggunakan nonprobability sampling. teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampel jenuh (semua anggota populasi dijadikan sampel) dengan jumlah sampel 51 guru di sekolah dasar it ibnu sina nunukan. selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan model analisis regresi linear berganda dan uji t (parsial) dengan bantuan aplikasi spss. hasil yang didapatkan membuktikan bahwa beban kerja tidak berpengaruh terhadap kinerja guru, beban kerja yang dirasakan guru berpengaruh dan tidak signifikan karena guru sekolah dasar it ibnu sina nunukan sangat menikmati profesinya sebagai guru dan kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sekolah dasar it ibnu sina nunukan, semakin tinggi tingkat kepuasan guru maka semakin meningkat kinerja guru sekolah dasar it ibnu sina nunukan. kata kunci : beban kerja, kepuasan kerja, kinerja guru

Abstrak Indonesia

This research aims to prove the influence of workload and job satisfaction on teachers’ performance at islamic primary school ibnu sina nunukan. the type of research used is quantitative recearch using survey methods. data collection techniques using observation (questionnaires and interviews). the research sample was taken using non-probability sampling. the sampling technique was accomplished using a saturated sample (all members of the population were sampled) with a sample size of 51 teachers at islamic primary schools in ibnu sina nunukan. the hypothesis test was achieved using a multiple linear regression analysis model and t-test (partial) with the spss application. the results obtained prove that workload does not affect teacher performance, the workload felt by teachers has no. effect because islamic primary schools ibnu sina nunukan teachers enjoy their profession as teachers and job satisfaction has a positive and significant effect on teachers’ performance at islamic primary schools ibnu sina nunukan, the higher the level of teachers satisfaction, the higher the teachers’ performance of islamic primary schools ibnu sina nunukan. keywords : workload, job satisfaction, teacher performance