
Analisis Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Change And Relationship Dan Space And Shape
Pengarang : Hasda
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Literasi matematis merupakan kemampuan memahami dan menggunakan konsep dasar matematika dalam berbagai konteks untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten change and relationship dan space and shape. penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus yaitu penelitian yang diarahkan untuk menghimpun data, mengambil makna, dan memperoleh pemahaman dari kasus tersebut. partisipan dalam penelitian ini terdiri dari 6 siswa di kelas viii smp negeri 2 tarakan yang dipilih melalui teknik purposive sampling yaitu pengambilan partisipan berdasarkan pertimbangan tertentu dan dilanjutkan dengan teknik snowball sampling yaitu pengambilan partisipan dengan jumlah awal sedikit kemudian bertambah besar. teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif model interaktif yaitu analisis data yang dilakukan secara interaktif dan berlansung terus menerus sampai tuntas. hasil penelitian ini menunjukkan dalam menyelesaikan soal konten change and relationship siswa kategori tinggi mampu memenuhi seluruh indikator literasi matematis yakni merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan. sedangkan, siswa dengan kategori rendah tidak mampu memenuhi setiap indikator literasi matematis. lebih lanjut, dalam menyelesaikan soal konten space and shape hanya dua dari tiga siswa kategori tinggi yang mampu memenuhi seluruh indikator pada literasi matematis. sedangkan siswa dengan kategori rendah tidak dapat memenuhi seluruh indikator literasi matematis. peneliti juga menemukan terdapat perbedaan kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal pisa. siswa dengan kategori rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal konten change and relationship sedangkan siswa dengan kategori tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal space and shape. kata kunci: literasi matematis, change and relationship, space and shape, pisa (programme for international student assessment)
Abstrak Indonesia
Mathematical literacy is the ability to understand and use basic mathematical concepts in various contexts to solve problems related to real life. this study aimed to describe students’ mathematical literacy in solving pisa problems on the content of change and relationship and space and shape. this research used to qualitative method with a case study approach, which was directed at gathering data, interpreting meanings, and gaining understanding from the case. participants in this study consisted of 6 eighth-grade students from smp negeri 2 tarakan, selected through purposive sampling based on specific considerations, followed by snowball sampling, where the number of participants initially was small and then increased. data collection techniques included observation, documentation, and interviews. data analysis employed an interactive qualitative descriptive technique, which involved continuous and thorough data analysis. the results showed that in solving change and relationship content problems, students in the high category were able to meet all indicators of mathematical literacy, namely formulatig, applying, and interpreting. in contrast, students in the low category were unable to meet each indicator of mathematical literacy. furthermore, in solving space and shape content problems, only two out of three students in the high category were able to meet all indicators of mathematical literacy. students in the low category failed to meet all indicators of mathematical literacy. the researcher also found differences in the difficulties experienced by students in solving pisa problems. low-category students had difficulty solving change and relationship content problems, while high-category students had difficulty solvnig space and shape content problems. keywords: mathematical literacy, change and relationship, space and shape, pisa (programme for international student assessment)