UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Efektivitas Pembelajaran Outdoor Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Efektivitas Pembelajaran Outdoor Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Pengarang : Selly Tri Wariska Hutahaean

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran outdoor terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. penelitian ini dilaksanakan di sma frater don bosco. penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan design penelitian posttest only control design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas x. pemilihan sampel dilakukan secara purposive sampling yaitu dengan melihat nilai rata-rata ulangan harian biologi. sampel pada penelitian ini adalah kelas x-a sebagai kelompok eksperimen dan kelas x-b sebagai kelompok kontrol. data diambil dengan cara memberikan soal essay yang terdiri dari 7 soal. data dianalis menggunakan uji independent t-test. berdasarkan hasil analisis dengan taraf signifikansi 5%, nilai sig 2-tailed sebesar 0,243 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran outdoor tidak efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa penghambat seperti sulitnya pengelolaan siswa ketika belajar di luar ruangan, lebih lamanya waktu pembelajaran efektif sehingga menyebabkan konsentrasi siswa menjadi terganggu dikarenakan banyaknya objek luar yang dapat menganggu perhatian siswa. oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat memengaruhi efektivitas pembelajaran outdoor terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. kata kunci : keterampilan berpikir kritis, pembelajaran outdoor.

Abstrak Indonesia

The objective of this reserch was to determine the effectiveness of outdoor learning on students critical thinking skill. this reserch was conducted at brother don bosco high school. this reserch employed a quasi eksperimental reserch design with a posttest only control design. the population in this study was all students in the class. sample selection was carried out using porposive sampling, by looking at the average value of daily biologi test. the sample in this study class x-a as the experimental group and class x-b as the control group. data was taken by giving essay question consisting of 7 question. data were analysed using the independent t-test. based on the result of the analysis with a significance level of 5%, the 2-tailed sig value was 0,243, so it can be concluded that outdoor learning was not effectivie in improving students critical thinking skills. this might be caused by several obstacles such as the difficulty of managing students when studing outdoors, longer effective learning time, causing students concetration to be distracted due to the large number of external objects that could distract students attention, therefore, futher reserch is needed to be carried out to identify factors that can influence the effectiveness of outdoor learning on sstudents critical thinking skill. keywords: critical thingking, outdoor learning.