
Analisis Kesadaran Cinta Lingkungan Siswa Di SMP Negeri 11 Kota Tarakan
Pengarang : Juriana
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Kesadaran cinta lingkungan merupakan sebuah kesiagaan seseorang terhadap peristiwa-peristiwa yang sudah atau sedang terjadi di lingkungannya, serta peristiwa kognitif yang meliputi memori, pikiran, perasaan, dan sensasi-sensasi fisik. melalui bidang pendidikan upaya mengatasi masalah lingkungan dilakukan dengan cara menanamkan kesadaran cinta lingkungan di sekolah untuk membangun masyarakat di sekolah, mulai cara berpikir sampai tingkah laku siswa agar selaras dengan lingkungan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesadaran cinta lingkungan siswa di smp negeri 11 kota tarakan. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data. subjek penelitiannya yaitu 15 siswa kelas 7.1 dengan penentuan sampel menggunakan purposive sampling. berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa yang dilakukan oleh siswa 7.1 sudah melakukan kesadaran cinta lingkungan. indikator dari aspek kesadaran cinta lingkungan terdiri dari terbiasa membuang sampah pada tempatnya, merawat tanaman, menjaga kebersihan, sadar akan penghijauan dan merapikan peralatan belajar. indikator yang sudah terlaksana yaitu terbiasa membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan dan merapikan peralatan belajar. indikator yang belum terlaksana adalah merawat tanaman dan sadar akan penghijauan. kata kunci: kesadaran, cinta lingkungan, siswa, sekolah
Abstrak Indonesia
Environmental awareness is a person's awareness of events that have or are happening in the environment, as well as cognitive events that include memory, thoughts, feelings, and physical sensations. through the field of education, efforts to overcome environmental problems are carried out by instilling environmental awareness in schools to build communities in schools, from the way of thinking to the behavior of students to be in harmony with the environment. this study aims to determine the environmental awareness of students at smp negeri 11 tarakan. this research was a qualitative. research instruments were interviews, observations, and documentation. data analysis in the form of data reduction, data presentation and conclusion drawing. triangulation used source triangulation to test the validity of the data. the research subjects were 15 students of class 7.1 with sampling using purposive sampling. the results of the study showed that they already have environmental awareness. indicators of aspects of environmental awareness consist of getting used to throwing garbage in its place, caring for plants, maintaining cleanliness, being aware of greening and tidying up learning equipment. indicators that have been implemented are getting used to throwing garbage in its place, maintaining cleanliness and tidying up learning equipment. indicators that have not been implemented are caring for plants and being aware of greening. keywords: environmental awareness, students, school