UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Gambaran Kemandirian Belajar Di SMP Negeri 12 Kota Tarakan

Gambaran Kemandirian Belajar Di SMP Negeri 12 Kota Tarakan

Pengarang : Lio Chandra

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kemandirian siswa di smp negeri 12 kota tarakan kota, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yang dimana kurang nya gambaran kemandirian belajar siswa dan mengakibatkan siswa tersebut memiliki kecendrungan untuk bergantung pada orang lain, kurangnya keaktiva, malas, kurang percaya diri dan tidak dapat memecakan masalah sendiri, fokus penelitian ini adalah gambaran kemandirian belajar siswa, pada penelitian ini gambaran kemandirian belajar siswa akan difokuskan ketika mendeskripsikan gambaran kemandirian siswa di smp negeri 12 kota tarakan, adapun informasi utama dalam penelitian ini adalah dua siswa kelas viii satu guru bimbingan dan konseling dan satu wali kelas siswa tersebut, teknik pengumpulan data melalui metode wawancara dan dokumen, dan teknik pengumpulan data yang digunakan reduksi data penyajian data menarik kesimpulan, hasil temuan penelitian yang dilakukan di smp negeri 12 kota tarakan maka dapat disimpulkan gambaran kemandirian belajar siswa memiliki kemandirian yang baik, dengan siswa tersebut mengerjakan tugas dengan baik dan tepat waktu, yang dimana siswa tersebut bertanggung jawap sebagai siswa yang baik. kata kunci: kemandirian, belajar

Abstrak Indonesia

The purpose of the research was to determine the description of student independence at smpn 12 tarakan. the type of research employed is descriptive- qualitative research. the focus of this research was the description of student learning independence at smpn 12 tarakan. the main informants of the research were two eighth-grade students, one guidance and counseling teacher, and one student's homeroom teacher. to collect the data, the researcher employed interviews and documentation. the technique of analyzing the data used was data collection, data reduction, data display, and conclusion: drawing or verifying. the research results show that the description of student learning independence at smpn 12 tarakan has good independence. this is evidenced by the students' ability to complete tasks to a high standard and on time, as well as their demonstrated responsibility as a result of their academic endeavors. keywords: independence, learning