UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Praktik Uji Coba Sederhana Kelas IX-A MTs Negeri Tarakan

Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Percobaan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Praktik Uji Coba Sederhana Kelas IX-A MTs Negeri Tarakan

Pengarang : Ria Pramitha

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menulis teks laporan percobaan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan praktik uji coba sederhana. modelpembelajaran ini digunakan karena siswa kelas ix-a mts negeri tarakan kurang dalam minat menulis teks laporan percobaan dan kurang memahami atau menangkap informasi dalam materi menulis teks laporan percobaan. dengan adanya model pembelajaran berbasis masalah siswa diharapkan dapat memahami pembelajaran dengan memecahkan masalah secara langsung. oleh karena itu, siswa menulis teks laporan percobaan dengan praktik uji coba sederhana secara langsung guna memberikan pemahaman siswa yang tidak hanya sebatas teori saja, tapi mampu menerapkannya sesuai pengalaman belajar. selain itu, sebagian besar siswa juga memiliki gaya belajar kinestetik sehingga model pembelajaran ini perlu diterapkan agar dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis teks laporan percobaan dan siswa dapat meraih kompetensi dasarnya. analisis data dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dengan praktik uji coba sederhana dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan menulis teks laporan percobaan. kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, teks laporan percobaan

Abstrak Indonesia

The present research aimed to improve the students' skills in writing experimental report text by using a problem-based learning model with simple trial practice. this research targeted the class ix-a students of mts negeri tarakan, who exhibited a lack of interest and understanding in writing experimental report text. the problem- based learning model was chosen to engage students in solving real problems, thereby facilitating a deeper understanding of the subject matter. by incorporating it with simple trial practice, the students were able to gain hands-on experience, bridging the gap between theoretical knowledge and practical application. this learning model was particularly beneficial given that many students demonstrated kinesthetic learning styles, necessitating active engagement to improve their writing skills and achieve their basic competencies. data analysis was conducted using both descriptive qualitative and quantitative methods. the findings indicated that the problem-based learning model, combined with simple trial practice, significantly improved the students' understanding and skills in writing experimental report text. thus, this learning model proved effective in addressing the students' needs and enhancing their overall writing skills. keywords: problem-based learning model, experiment report text