UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengembangan Pocket Book Etnomathematics Untuk Pembelajaran Kelas VII Mts YIIPS Sebatik Timur Berdasarkan Kriteria Layak

Pengembangan Pocket Book Etnomathematics Untuk Pembelajaran Kelas VII Mts YIIPS Sebatik Timur Berdasarkan Kriteria Layak

Pengarang : A. Nurawaliyah Arif

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pocket book etnomathematics yang layak dan praktis untuk pembelajaran kelas vii mts yiips sebatik timur. metode penelitian ini adalah research and development (r&d) dengan model penelitian dan pengembangan addie yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu analysis, design, development, implementation, and evaluation. namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development). hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan pocket book etnomathematics memenuhi katagori layak dan praktis sebagai bahan ajar untuk peserta didik kelas vii pada materi segiempat dan segitiga. hal ini diperkuat oleh penilaian validator ahli materi berada pada katagori sangat layak dengan persentase 89,23% dan ahli media dan desain berada pada katagori layak dengan persentase 81,81%. sedangkan hasil penelitian di lapangan dari respon peserta didik berada pada katagori sangat praktis dengan persentase keparaktisan mencapai 90,9%. dengan demikian, pengembangan pocket book etnomathematics yang layak dan praktis sebagai bahan ajar untuk peserta didik kelas vii pada materi segiempat dan segitiga telah berhasil dicapai. kata kunci: etnomathematics, media pocket book, segiempat dan segitiga

Abstrak Indonesia

This research aims to develop a media pocket book ethnomathematics that is eligible and practical for learning class vii mts yiips east sebatik. this research method is research and development (r&d) with the addie research and development model which consists of 5 development stages, analysis, design, development, implementation, and evaluation. however, this research only reached the development stage (development). the results of this research indicated that the development of pocket book ethnomathematics fulfills the appropriate and practical category as teaching material for students' class vii on squares and triangles. this is reinforced by the validator's assessment that material experts are in the very feasible category, with a percentage of 89.23%, and media and design experts are in the feasible category, with a percentage of 81.81%. meanwhile, the results of research in the field from student responses are in the very practical category, with a practicality percentage of 90.9%. thus, the development of pocket book ethnomathematics which is eligible and practical as teaching material for class students vii on squares and triangles has been successfully achieved. keywords: ethnomathematics, pocket book media, squares and triangles