
Strategi Pengembangan Industri Kreatif Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Kota Tarakan.
Pengarang : Athika Khoirunisa
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Kota tarakan merupakan salah satu kota yang sangat potensial untuk dikembangkan potensi industri kreatif, hal ini didukung dengan industri kreatif meningkatkan pertumbuhan ekonomi kota tarakan mencapai 54,76% sehingga dibutuhkan intervensi beberapa pihak untuk terus meningkatkan industri kreatif kota tarakan dengan mendorong munculnya pionir-pionir baru. tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi strategi pengembangan industri kreatif sektor kuliner kafe untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kota tarakan dan mengetahui strategi prioritas dalam pengembangan industri kreatif sektor kuliner kafe di kota tarakan. penelitian ini difokuskan kepada kuliner kafe yang ada di kota tarakan. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan alat analisis berupa analisis strength, weakness, opportunities, and threats dan analisis analytical hierarchy process. hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu strategi agresif dengan memanfaatkan sistem informasi dan teknologi digital dalam pemasaran produk dan karya kreatif, mendorong peningkatan kreativitas pelaku usaha untuk membuat keunikan produk sehingga menambah kuliner nusantara, peningkatan kerjasama antara industri kreatif dengan perguruan tinggi, mengikuti program pengembangan usaha baik oleh pemerintah atau swasta, dan menumbuhkan lebih banyak industri kreatif dengan inovasi baru sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan mengurangi kemiskinan. strategi prioritas yang dapat diterapkan dalam mengembangkan industri kreatif sektor kuliner kafe di kota tarakan yaitu pengembangan kualitas dan kuantitas kebutuhan infrastruktur dan menciptakan daya saing investasi, yang mana investasi merupakan instrumen utama dalam peningkatan lapangan pekerjaan dan perluasan kapasitas industri, investasi dapat dalam bentuk permodalan, teknologi, atau juga dalam lingkup kerjasama pembangunan infrastruktur. kata kunci: indsutri kreatif, kuliner, analisis strength, weakness, opportunities, and threats, analisis analytical hierarchy process
Abstrak Indonesia
Tarakan city has considerable potential for increasing its creative industry, contributing to its economic growth by 54.76%. it calls for the involvement of multiple stakeholders to support emerging innovators and grow tarakan's creative sector. to promote economic development in tarakan city, this study intends to map out methods for increasing the creative industry in the cafe and culinary sector and to identify the most important approaches for this development. the study focuses on tarakan city's café and culinary industry. the qualitative research approach was used, with methods such as strengths, weaknesses, opportunities, and threats (swot) and analytical hierarchy process (ahp) analysis. the results indicate that an aggressive strategy (strength-opportunity) can be implemented by leveraging information systems and digital technology in marketing products and creative works, encouraging entrepreneurs to enhance creativity to produce unique products that enrich the national cuisine, increasing collaboration between the creative industry and higher education institutions, participating in business development programmes by both the government and private sectors. creating investment competitiveness and enhancing the quantity and quality of infrastructure requirements are two of tarakan city's top priorities for developing the creative industry in the café and culinary sector. investment is a crucial tool for generating job possibilities and expanding industry capacity, and it might take the form of finance, technology, or infrastructure development collaboration. keywords: creative industry, strengths & weaknesses, opportunities and threats analysis, analytical hierarchy process analysis