UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 2 Tarakan

Pengaruh Teknik Homeroom Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Dan Jaringan SMK Negeri 2 Tarakan

Pengarang : Aurel Tonapa

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Kemampuan belajar secara mandiri mengacu pada kemampuan seseorang untuk melibatkan diri dalam kegiatan pembelajaran dengan keyakinan penuh, bertanggung jawab terhadap tindakannya, serta memiliki rasa percaya diri dalam menyelesaikan tugas belajarnya tanpa bergantung pada bantuan orang lain. tingkat kemandirian belajar siswa kelas xi jurusan teknik komputer dan jaringan tergolong rendah, termanifestasi dalam perilaku siswa yang belum mampu mengelola waktu belajar dengan baik di sekolah maupun di rumah. terdapat kecenderungan untuk bolos, menyelesaikan pekerjaan rumah sekolah secara tidak teratur, dan melakukan kecurangan akademis dengan menyontek teman. penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat kemandirian belajar siswa. salah satu alternatif yang diujicobakan untuk meningkatkan kemandirian belajar adalah penerapan teknik homeroom. metode penelitian yang digunakan bersifat kuantitatif dengan pendekatan pre-experimental design dalam bentuk one grup pretest-posttest. teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah populasi yang ditetapkan. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa skala likert yang dikembangkan berdasarkan teori kemandirian belajar (sugiyono, 2014). analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan inferensial dengan uji paired sample t-test, nilai signifikansi (2-tailed) menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif teknik homeroom terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa kelas xi jurusan teknik komputer dan jaringan di smk negeri 2 tarakan. kata kunci: kemandirian belajar, homeroom

Abstrak Indonesia

The ability to learn indepedenly refers to an individual's capability to engage in learning activities with full confidence, responsibility for their actions, and self-confidence in completing learning tasks without relying on others' assistance. the level of learning independence among grade xi students in the computer and network engineering department is relatively low, as manifested in behaviors such as poor their management for studying both at school and at home. there is a tendency for truancy, irregular completion of school homework, and academic dishonesty by copying from peers. this study aims to enchance the level of students' learning independence. one of the alternatives tested to improve learning independence is the implementation of the homeroom technique. the research method used is quantitative with a pre-experimental design approach in the form of a one grup pretest-posttest. the sampling technique employed is random sampling with a specified population size. data collection was carried out using an instrument in the form of a likert scale developed based on the theory of learning independence (sugiyono, 2014). data analysis was conducted through descriptive and inferential statistics using a paired sample t-test, where the significance value (2-tailed) indicated that the null hypotesis was rejected and the alternative hypotesis was accepted. thus, it can be concluded that there is a positive effect of the homeroom technique on the improvement of learning independence among grade xi students in the computer and network engineering department at smk negeri 2 tarakan. keywords: learning independence, homeroom