UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Analisis Pengaruh Sikap Berbahasa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan

Analisis Pengaruh Sikap Berbahasa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 11 Tarakan

Pengarang : Dina Mariyana

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh sikap berbahasa dan motivasi belajar terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia kelas viii. penelitian yang dilakukan di smp negeri 11 tarakan ini merupakan jenis penelitian ekspost-facto dengan pendekatan kuantitatif. populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii smp negeri 11 tarakan, pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas viii-4 dengan jumlah 25 siswa. pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket untuk sikap berbahasa, motivasi belajar, dan melihat nilai hasil belajar siswa. hasil analisis regresi linear berganda menunjukan bahwa diketahui nilai r2 = 65,2%, sedangkan hasil uji f sebesar 0,000 variabel sikap berbahasa dan motivasi belajar berpengaruh siginifikan secara simultan terhadap variabel prestasi siswa. hasil uji t nilai sig variabel x1 sebesar 0,026 variabel sikap berbahasa tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi siswa. nilai sig variabel motivasi belajar sebesar 0,000. hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap berbahasa tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi siswa, dan motivasi belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia. persamaan regresi yang diperoleh: 11.238 - 0,183 x1 + 0,612 x2. kata kunci : sikap berbahasa, motivasi belajar, prestasi siswa.

Abstrak Indonesia

This study aimed to determine, describe, and analyze the effect of language attitude and learning motivation on the indonesian language achievement of eighth-grade students. conducted at smp negeri 11 tarakan, this study employed an ex post facto research design with a quantitative approach. the population consisted of all a purposive sampling technique, specifically including all 25 students from class viii-4. data were collected using questionnaires to measure students’ language achievement. the results of multiple linear regression analysis indicated that the variables of language attitude and learning motivation together explained 65.2% of the variance in students’ achievement (r2=65.2%), with a significance value (f-test) of 0,000, suggesting a significant simultaneous effect. however, the t-test results revealed that the language attitude variable (x1) had a sig. value of 0,026, indicating it did not have a significant effect on students’ achievement. in contrast, the learning motivation variable (x2) had a sig. value 0f 0,000, indicating a significant positive effect on students’ achievement. the regression equation derived from the analysis was: y = 11,238 – 0,183 x1 + 0.612 x2. keyword: language attitude, learning motivation, students’ achievement