
Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen Dan Intensitas Promosi Terhadap Keputusan Pemebelian Secara Online Melalui Aplikasi Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Univesitas Borneo Tarakan)
Pengarang : Nilma
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian secara online melalui aplikasi lazada, (2) pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian secara online melalui aplikasi lazada, (3) pengaruh intensitas promosi terhadap keputusan pembelian secara online melalui aplikasi lazada. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa universitas borneo tarakan yang pernah berbelanja menggunakan aplikasi lazada. sampel dalam penelitian ini adalah 190 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. pengujian hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan alat bantuan program spss versi 26. hasil penelitian ini membuktikan bahwa : (1) kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online melalui aplikasi lazada, (2) kepercayaan konsumen tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online melalui aplikasi lazada, (3) intensitas promosi tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara online melalui aplikasi lazada. kata kunci : kualitas produk, kepercayaan konsumen, intensitas promosi dan keputusan pembelian.
Abstrak Indonesia
The present research aimed to investigate the factors influencing online purchasing decisions through the lazada application, focusing on three main determinants: (1) product quality, (2) consumer confidence, and (3) promotion intensity. the research targets were the students of borneo tarakan university who engaged in shopping activities through the lazada application. a sample of 190 respondents was selected using purposive sampling techniques, and data were collected through a questionnaire. hypothesis testing was conducted employing multiple linear regression analysis using the spss program version 26. the findings of this study unveiled several noteworthy insights. product quality emerged as a significant factor, exerting a positive influence on online purchasing decisions through the lazada application. however, contrary to expectations, consumer confidence did not yield a statistically significant effect on such decisions. similarly, promotion intensity failed to exhibit a significant effect on online purchasing decisions through the lazada application. keywords: product quality, consumer confidence, promotion intensity, purchasing decisions