
Analisis Permintaan Telur Ayam Ras Di Kota Tarakan (Studi Kasus Pasar Tenguyun Dan Pasar Beringin)
Pengarang : Andika Daman Saputra
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permintaan telur ayam ras di kota tarakan, untuk mengetahui apakah harga, pendapatan dan persepsi konsumen mempengaruhi permintaan telur tersebut. sampel penelitian untuk konsumen pembeli telur ayam ras secara acak sebanyak 90 konsumen telur ayam ras. teknik pengumpulan data ini menggunakan angket . penelitian ini merupakan jenis penelitian metode kuantitatif dengan data time series serta menggunakan alat analisis regresi berganda. berdasarkan hasil perhitungan regresi berganda dengan menggunakan program eviews 8.0 maka hasil yang diperoleh adalah nilai r-square sebesar 0,1998 yang berarti 19,98% permintaan telur di kota tarakan dalam model yaitu harga telur, pendapatan, dan persepsi konsumen. sedangkan sisanya 80,02% dijelaskan oleh variabel lain di luar model. sedangkan analisis uji f yang dilakukan dapat diketahui signifikasi sebesar 0,000239 yang berarti variabel-variabel bebas yang diamati secara bersama berpengaruh terhadap permintaan telur ayam ras di kota tarakan. berdasarkan uji t, menunjukan bahwa harga tidak berpengaruh terhadap permintaan telur ayam di kota tarakan dengan nilai prob 0,4000 (>0,05). pendapatan berpengaruh dan signifikan terhadap permitaan telur ayam ras di kota tarakan dengan nilai prob 0,0000 (0,05).
Abstrak Indonesia
This study aims to analyze the demand for eggs in the city of tarakan, to determine whether the price, income and consumer perceptions affect the egg demand. the sample of research for consumer of random egg buyer is 90 consumer of chicken egg. this data collection technique uses a questionnaire. this research is a type of quantitative research method with time series data and using multiple regression analysis tools. based on the results of multiple regression using eviews 8.0 program then the result obtained is the value of r-square by 0.1998 which means 19.98% egg demand in the city of tarakan in the model of egg prices, income, and consumer perceptions. while the remaining 80.02% is explained by other variables outside the model. while the analysis of f-test conducted can be seen on the significance of 0.000239 which means the independent variables observed together affect the demand of eggs in the city of tarakan. based on t-test, showed that the price does not affect the demand of chicken eggs in the city of tarakan with the value prob 0,4000 (>0,05). income influential and significant to the eggs eggs in the city of tarakan with a value prob 0,0000 (0,05).