
Penilaian Sistem Manajemen Antrian Yang Berpengaruh Pada Kepuasan Pasien Pengguna JKN KIS Di Rumah Sakit Provinsi Kalimantan Utara
Pengarang : Junia Fasa
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh waktu tunggu, lingkungan tunggu, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pengguna jaminan kesehatan nasional kartu indonesia sehat yang disingkat dengan jkn kis di rumah sakit provinsi kalimantan utara. rancangan yang digunakan dalam pienielitian ini adalah dengan mienggunakan mietodie pienielitian kuantitatif yaitu diengan piendiekatan surviei. ukuran sampiel yang diambil menggunakan rumus hair, yaitu dengan jumlah indikator sebanyak 22 item dikali 5. sehingga, melalui perhitungan berdasarkan rumus tersebut, diperoleh jumlah sampel dari penelitian ini adalah sebesar 110. teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program komputer spss. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, waktu tunggu memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, lingkungan tunggu memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan pasien, waktu tunggu, lingkungan tunggu dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap kepuasan pasien. penelitian ini menghasilkan nilai koefisien determinasi r2 atau r square sebesar 0,626. hasil ini berarti bahwa waktu tunggu, lingkungan tunggu dan kualitas pelayanan memiliki hubungan dengan kepuasan pasien pengguna jkn kis di rumah sakit provinsi kalimantan utara sebesar 62,6%, dan sisanya 37,4% dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain diluar model. kata kunci : waktu tunggu, lingkungan tunggu, kualitas pelayanan, kepuasan pasien.
Abstrak Indonesia
This purpose of this study was to analyze the influence of waiting time. waiting environment, and service quality on patient satisfaction of the national health insurance health indonesia card, abbreviated as jkn kis at the north kalimantan provincial hospital.the design employed in this research was quantitative research methods through a survey approach. the sample size was taken using the hair formula, where the number of indicators of 22 items multiplied by 5. so. through calculations based on this formula, the sample size for this study was 110. the data analysis technique used in this study was multiple linear regression analysis through spss computer program assistance.the results of this study indicated that, waiting time had a partially significant influence on patient satisfaction, waiting environment had a partially significant influence on patient satisfaction, service quality had a partially significant influence on patient satisfaction. and waiting time, waiting environment and service quality had simultaneous significant influence on patient satisfaction. this research produced a coefficient of determination r2 or r square of 0.626. these results indicated that waiting time, waiting environment and service quality bad a relationship with patient satisfaction using jkn kis at the north kalimantan province hospital by 62.6%, and the remaining 37.4% was explainead by other causes outside the model. keywords: waiting time, waiting environment, service quality, patient satisfaction