UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Asas-Asas Umum Pemerintahan Yang Baik (AUPB) Dalam Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Pratama Sebuku

Penerapan Asas-Asas Umum Pemerintahan Yang Baik (AUPB) Dalam Pelayanan Publik Di Rumah Sakit Pratama Sebuku

Pengarang : Felix Nola

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Penelitian ini bermaksud menjawab dua pertanyaan terkait penerapan asas-asas aupbd di rumah sakit. pertama, bagaimana penerapan asas-asas umum pemerintahan yang baik (aupb) di rumah sakit pratama sebuku? kedua, apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pelayanan di rumah sakit pratama sebuku? skripsi ini merupakan penelitian normatif terhadap kaidah-kaidah hukum. penelitian ini menggunakan pendekatan teori normatif mengenai penerapan aupb. data yang digunakan dalam skripsi ini terdiri dari data primer dan sata sekunder. data primer, yaitu data yang didapatkan dalam sumber-sumber hokum positif. data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, artikel, data-data internet, ensiklopedi dan kamus. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan asas-asas pemerintahan umum yang baik dalam pelayanan publik di rumah sakit pratama sebuku berjalan dengan baik yang dapat dilihat dari masing-masing indikator asas-asas umum pemerintahan yang sehingga dapat dikatakan bahwa dalam penerapannya sejalan dengan undang-undang nomor 30 tahun 2014 tentang administrasi pemerintahan mengenai asas-asas umum pemerintahan yang baik (aupb). adapun faktor penghambat dalam memberikan pelayanan yang berkualitas adalah kuantitas sumber daya manusianya masih kurang sehingga sulit untuk menangani beberapa penyakit-penyakit tertentu, selain itu juga dikarenakan sumber daya peralatan dan teknologi yang minim sehingga beberapa penyakit tertentu tidak bisa ditangani. sedangkan faktor pendukung dalam memberikan pelayanan yang berkualitas adalah adanya komunikasi yang baik antara pegawai rumah sakit dengan pasien maupun kepada keluarga pasien, serta keterbukaan tim medis dalam penanganan pasien sehingga memungkinkan pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. kata kunci: aupb, pelayanan publik, penerapan

Abstrak Indonesia

This research aimed to answer two questions related to the application of aupb principles in hospitals. first, how are the general principles of good governance (aupb) implemented at sebuku pratama hospital? second, what are the factors that influence the implementation of services at pratama sebuku hospital? it was normative research on legal rules. this research used a normative theory approach regarding the implementation of aupb. the data used in this thesis consisted of primary data and secondary data. primary data v.,ras obtained from positive legal sources. secondary data was gathered from books, journals, articles, internet data, encyclopedias, and dictionaries. l. the results of the research showed that the implementation of the principles of the good general government in public services at pratama sebuku hospital was effective, which can be seen from each indicator of the general principles of government; therefore, it can be said that its implementation was in line with lay.,r number 30 of 2014 concerning government administration regarding general principles of good government (aupb). 2. the inhibiting factor in providing quality services was the quantity of human resources, which was still insufficient, so it was difficult to treat certain diseases. apart from that, equipment and technology resources were minimal, so certain diseases could not be treated. meanwhile, the supporting factors in providing quality services were good communication between hospital employees and patients and the patient's family, as well as the openness of the medical team in handling patients, thus enabling patients to feel satisfied with the services provided. keywords: aupb, public services, implementation