
Pengaruh Penyempitan Jalan Terhadap Karakteristik Lalu Lintas (Studi Lokasi: Jl. Jend Sudirman Dekat Kantor Pos)
Pengarang : Sandy Ariyona Zulfikar
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2017Abstrak Indonesia
Salah satu masalah transportasi adalah penyempitan jalan. penyempitan jalan adalah suatu bagian jalan dengan kondisi kapasitas lalu lintas sesudahnya (down stream) lebih kecil dari bagian masuk (up stream). penelitian ini berlokasi di jalan jend. sudirman tarakan. jalan jend. sudirman harus melayani arus lalu lintas yang cukup besar. oleh karena itu ruas jalan harus mampu beroperasi secara maksimal. sedangkan saat ini terjadinya penyempitan jalan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyempitan jalan terhadap karakteristik lalu lintas, nilai arus, kecepatan dan kerapatan baik pada jalan normal maupun pada jalan menyempit. penelitian dilakukan pada hari senin sampai rabu, pada pagi hari jam 07.00 - 09.00, siang hari jam 11.00 - 13.00 dan pada sore hari jam 15.00 - 17.00. berdasarkan analisis, arus maksimum terbesar terdapat pada penggal jalan sebelum penyempitan yaitu sebesar 1347,2 smp/jam naik sebesar 1546,4 smp/jam pada penggal jalan menyempit (05 desember 2016) dan terjadi penurunan kecepatan dari 30,6 km/jam dengan kerapatan 47,1 smp/km pada penggal jalan normal (08.00 - 09.00) turun sebesar 28,9 km/jam dengan kerapatan 53,5 smp/km pada penggal jalan menyempit (08.00 - 09.00), (05 desember 2016).
Abstrak Indonesia
One of the transportation problems is road narrowing. road narrowing is a part of the road with the current traffic capacity condition (downstream) smaller than the upstream. this research was held at jend. sudirman street. this road must serve a large traffic flow. therefore roads must be able to work maximally. meanwhile,the road is having a problem which is the road narrowing. the purpose of this study is to determine the effect of road narrowing on traffic characteristics, current values, speed and density both on normal roads and on narrow roads. the study was conducted on monday to wednesday. started from 07:00 to 09:00 in the morning, 11:00 to 13:00 in the noon and in the afternoon at 15:00 to 17:00.based on the analysis, the largest maximum of the road before the narrowing is 1347.2 smp/h increased to 1546.4 smp/h on a road narrows (december 5 2016) and there is a decrease in speed from 30.6 km/h with a density of 47.1 smp/km on a normal path. (08.00 to 09.00) decreased by 28.9 km/h with a density of 53.5 smp/km on a road narrows (08:00 to 09:00), (december 5 2016).