UPT. Perpustakaan Universitas Borneo Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan

Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Friska

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024
    SKRIPSI

Abstrak Indonesia

Dalam pergaulan dengan teman sebaya ada beberapa peserta didik yang takut berinteraksi dengan lawan jenis ada juga yang minder dengan keadaan fisik dan ada juga yang kurang percaya diri saat harus berinteraksi dengan teman yang belum dikenal. beberapa permasalahan belum bisa mengaktualisasikan potensi dirinya dengan optimal. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa di smpn 7 tarakan. jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini sejumlah satu orang guru bimbingan dan konseling dan tiga siswa. metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang diberikan guru bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dengan memberikan layanan bimbingan klasikal dengan tahapan yaitu persiapan. guru bimbingan dan konseling mendapatkan jadwal masuk kelas, mempersiapkan materi, menyiapkan rpl, kemudian tahap pelaksanaan yaitu tahap pendahuluan, tahap inti, tahap akhir dan tahap evaluasi dan tindak lanjut. metode guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan teknik diskusi, dengan melalui tahapan pada bimbingan klasikal sebagai upaya penangan masalah yang dialami siswa yang menggangu keefektifan dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. kata kunci: upaya guru bk, kepercayaan diri

Abstrak Indonesia

Interaction with peers: some students are afraid to interact, some are inferior to their physical codition, and some need more confidence when interacting with unfamiliar friends and have been unable to actualized their potential optimally. this study aimed to determine how guidance and counseling teacher’s efforts increased student confidenceat smpn 7 tarakan. this type of research used qualitative research with a qualitative descriptive appoarch. the subjects in this study were one guidance and counseling teacher and three students. the data collection methods used interviews and documentation. data analysis consisted of data reduction, data presentation, and conclusion drawing. the results of the study showed that the efforts given by guidance and counseling teacher to increase student confidence by providing classical guidance services have stages, namely preparation. the guidance and counseling teacher got a class schedule, prepared material, and prepared rpl. the implementation stage was the introduction stage, core stage, final stage, evaluation stage, and follow-up. the methods used by guidance and counseling teacher in implementing classical guidance services was discussion techniques through the stages of classical guidance to handle problems experienced by students that interfere with the effectiveness and activeness of students in participating in the learning process. keywords: teacher's efforts, self-confidence