
Strategi Pengembangan Agrowisata Tanaman Anggur (Vitis Vinifera) Di Desa Tana Merah Kecamatan Tana Lia Kabupaten Tana Tidung
Pengarang : Jhon Deardo Girsang
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan,2024Abstrak Indonesia
Agrowisata merupakan suatu jenis usaha berbasis agribisnis atau pertanian yang menggunakan lahan pertanian untuk dijadikan obyek wisata. agrowisata tanaman anggur milik bapak maryanto telah berhasil produksi dengan jumlah 21 pohon anggur dengan 12 jenis varian buah anggur import. kebun anggur pak maryanto adalah satu-satunya kebun anggur yang berhasil membudidayakan jenis varian buah anggur import yang menjadi daya tarik bagi masyarakat luar untuk datang ke desa tana merah sambil berwisata. penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apa saja faktor internal dan eksternal agrowisata tanaman anggur (vitis vinifera) di desa tana merah. (2) mengetahui strategi pengembangan agrowisata tanaman anggur (vitis vinifera) di desa tana merah. penelitian ini meneliti strategi pengembangan agrowisata tanaman anggur di kebun anggur milik bapak maryanto dengan menggunakan analisis swot. teknik penentuan sampel dengan menggunakan key informan dan pengambilan sampel dengan teknik snowball sampling dengan jumlah responden sebanyak 40 responden. hasil penelitian: matriks ifas, kekuatan agrowisata tanaman anggur di desa tana merah dengan jumlah skor 3,00 dan kelemahan agrowisata tanaman anggur di desa tana merah dengan jumlah skor 2,00. kekuatan yang ada dimanfaatkan untuk mengatasi kelemahannya, maka pada penelitian ini didapat skor 1,00. matriks efas, peluang agrowisata tanaman anggur di desa tana merah dengan jumlah skor 3,00 dan ancaman pada pengembangan agrowisata tanaman anggur di desa tana merah dengan jumlah skor 2,00. dalam hal ini jika peluang yang ada dimanfaatkan untuk mengatasi ancamannya, maka pada penelitian ini didapat skor 1,00. posisi x dan y berada di kuandrat i sehingga rekomendasikan strategi yang dapat diberikan adalah strategi agresif. strategi yang dapat diberikan adalah strategi agresif yaitu strategi s-o yang yang mengunakan kekuatan internal objek kajian untuk memanfaatkan potensi sumberdaya alam dan peluang eksternal yaitu dengan mengoptimalkan pemasaran dan promosi hasil produksi anggur. kata kunci: agrowisata, swot, ifas, efas, dan strategi agresif
Abstrak Indonesia
Agro-tourism is a type of agribusiness or agricultural-based enterprise that utilizes agricultural land as tourist attractions mr maryanto's grape agro-tourism has successfully produced 21 grape trees with 12 varieties of imported grapes mr maryanto's grape garden is the only one that has successfully cultivated imported grape varieties, which attracts outsiders to visit tana merah village while enjoying tourism the objectives of this study were to (1) identify the internal and external components of tana merah village's grape (vitis vinifera) agrotourism, and (2) ascertain the strategy for the growth of the sector. using a swot analysis, this study looked at mr maryanto's grape agro-tourism development strategy. the sampling technique used key informants and snowball sampling with 40 respondents. the research findings indicated that tana merah village's grape agrotourism was strong, scoring 3 00, while its weakness, scoring 2.00, as indicated by the ifas matrix. the strength was utilized to overcome weaknesses, resulting in a score of 1.00 efas matrix showed the opportunities of grape agro-tourism in tana merah village with a score of 3.00 and the threats to the development of grape agro-tourism in tana merah village with a score of 2.00. in this case, if the existing opportunities were utilized to overcome the threats, the score obtained in this study was 1.00. the x and y positions were in quadrant i, so the recommended strategy was an aggressive strategy the recommended aggressive strategy was the s-o strategy, which utilized the internal strengths of the research object to exploit the potential of natural resources and external opportunities by optimizing the marketing and promotion of grape production. keywords: agro-tourism, swot, ifas, efas, aggressive strategy